THE PEMBERIAN PILATES EXERCISE SAMA DENGAN MCKENZIE EXERCISE DALAM PENURUNAN SKOR DISABILITY INDEX PADA PENDERITA HERNIA NUKLEUS PULPOSUS DI KLINIK BALI CHIROPRACTIC DENPASAR

  • - Yuniar Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar
  • J Alex Pangkahila Program Magister Fisiologi Olahraga Pascasarjana Universitas Udayana
  • Susy Purnawati Bagian Ilmu Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Nyeri punggung bawah merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi, bahkan sering diabaikan sehingga penderita mengalami ketidakmampuan secara fungsional terhadap aktivitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberian Pilates Exercise dan McKenzie Exercise terhadap penurunan skor disability index pada penderita Hernia Nukleus Pulposus dan mengetahui terapi yang mana di antara Pilates Exercise dan McKenzie Execise yang lebih efektif terhadap penurunan skor disability index pada penderita Hernia Nukleus Pulposus. Penelitian ini merupakan experimental dengan rancangan randomized pre test and post test group design. Sampel penelitian ditentukan secara random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yang masing- masing kelompok terdiri dari 13 orang. Kelompok 1 diberikan Pilates Exercise Kelompok 2 diberikan McKenzie Exercise. Penurunan skor disability index diukur dengan menggunakan Oswestry Low Back Pain Disability Index. Intervensi dilakukan selama 1 bulan, dimana subyek penelitian menjalani pilates Exercise dan McKenzie Exercise sebanyak 6 kali dengan frekuensi 2 kali seminggu. Berdasarkan uji t- berpasangan menunjukan bahwa pemberian Pilates Exercise dapat menurununkan skor disability index pada penderita Hernia Nukleus Pulposus dengan nilai p = 0,001 (p<0,05) dan McKenzie Exercise dapat menurunkan skor pada penderita Hernia Nukleus Pulposus dengan nilai p = 0,001 (p<0,05). Pada uji Independent sampel t-test diperoleh hasil skor disability index sesudah intervensi pada kedua kelompok didapatkan nilai p = 0,698 (p>0,05). Hal ini menggambarkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara pemberian Pilates Exercise dan Mc.Kenzie Exercise terhadap penurunan skor disability index pada penderita Hernia Nukleus Pulposus.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
YUNIAR, -; PANGKAHILA, J Alex; PURNAWATI, Susy. THE PEMBERIAN PILATES EXERCISE SAMA DENGAN MCKENZIE EXERCISE DALAM PENURUNAN SKOR DISABILITY INDEX PADA PENDERITA HERNIA NUKLEUS PULPOSUS DI KLINIK BALI CHIROPRACTIC DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 3, sep. 2014. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/8472>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2014.v02.i03.p03.

Keywords

Pilates, Mc.Kenzie, Hernia Nukleus Pulposus