PEMBERIAN TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) DAPAT MENINGKATKAN KETAJAMAN VISUAL PADA KONDISI KELELAHAN MATA

  • Arga Khariyono Mahasiswa Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Muhammad Irfan Fakultas Fisioterapi, Universitas Esa Unggul Jakarta
  • I Made Niko Winaya Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui  pengaruh pemberian TENS terhadap peningkatan ketajaman visual pada kondisi kelelahan mata.  Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar selama kurun waktu bulan Juli – Agustus 2013. Secara keseluruhan sampel berjumlah 15 orang yang memenuhi kriteria inklusif untuk dilibatkan dalam studi eksperimental satu kelompok perlakuan (pre test – post test one group). Aplikasi TENS dengan frekuensi rendah (20 Hz), burst mode, durasi 30 menit, diberikan selama 6 sesi dalam 6 hari berturut – turut. Elektroda positif di dekat telinga, dan elektroda negatif ditempat sepanjang perjalanan saraf, yakni di sebelah lateral mata. Ukuran elektroda yang digunakan adalah 2,5 cm berbentuk bulat. Evaluasi pengukuran ketajaman visual  menggunakan Snellen Chart.   Pada pengujian hipotesis untuk mengetahui perbedaan ketajaman visual sebelum dan sesudah perlakuan, dilakukan uji beda rerata Paired Samples t-test. Hasilnya didapatkan nilai p = 0.000 (p < 0.005) yang berarti ada perbedaan yang bermakna pada nilai rerata ketajaman visual sebelum dan sesudah perlakuan. Nilai rerata ketajaman visual sebelum perlakuan adalah 18.40 letter, sedangkan nilai rerata sesudah perlakuan adalah 30.40 letter. Hal tersebut berarti bahwa TENS memberikan peningkatan yang bermakna terhadap ketajaman visual pada kondisi kelelahan mata.   Pemberian TENS dapat meningkatkan ketajaman visual pada kondisi kelelahan mata. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima.
How to Cite
KHARIYONO, Arga; IRFAN, Muhammad; NIKO WINAYA, I Made. PEMBERIAN TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) DAPAT MENINGKATKAN KETAJAMAN VISUAL PADA KONDISI KELELAHAN MATA. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, may 2014. ISSN 2303-1921. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/8436>. Date accessed: 14 dec. 2019.

Keywords

TENS, ketajaman visual, kelelahan mata