THE INTERVENSI WILLIAM FLEXION EXERCISE LEBIH BAIK DARI MASASE PADA KOMBINASI IR DAN TENS UNTUK PENURUNAN NYERI PENDERITA SPONDILOSIS LUMBAL

  • Andryanto - Mahasiswa Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar
  • Niko Winaya Program Studi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar
  • Dedi Silakarma Unit Rehabilitasi Medik RSUP Sanglah

Abstract

Spondilosis lumbal bisa menyerang pada siapa saja laki-laki dan perempuan, kebanyakan menyerang pada usia 40 sampai dengan 65 tahun, dengan keluhan utama nyeri punggung bawah, salah satu penyakit degeneratif, yaitu terbentuknya osteofit pada ujung corpus vertebra. Penelitian, two group  pre and post design , terdiri atas kelompok perlakuan 1 dan kelompok perlakuan 2  pengambilan data dengan acak, jumlah sampel adalah 28 subyek, sampel dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok perlakuan 1 mendapatkan intervensi masase, IR dan TENS sedangkan kelompok perlakuan 2 mendapatkan intervensi William Flexion Exercise, IR dan TENS.  Penelitian dilakukan bulan Mei sampai dengan Juli 2013 di Badan Rumah Sakit Umum Daerah Tabanan, jalan Pahlawan 14 Tabanan Bali. Penelitian menggunakan alat ukur, VAS (visual analogue scale). Hasil dari penelitian terjadi pengurangan nyeri pada kelompok perlakuan 1 dengan p=0,000, dan terjadi pengurangan nyeri pada kelompok perlakuan 2 dengan p=0,000, setelah dibandingkan kelompok perlakuan 1 dan kelompok perlakuan 2 didapatkan  p=0,000, dimana penurunan nyeri lebih banyak pada kelompok perlakuan 2. Kesimpulan, intervensi william flexion exercise lebih baik dari masase pada kombinasi IR dan TENS untuk penurunan nyeri penderita spondilosis lumbal.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
-, Andryanto; WINAYA, Niko; SILAKARMA, Dedi. THE INTERVENSI WILLIAM FLEXION EXERCISE LEBIH BAIK DARI MASASE PADA KOMBINASI IR DAN TENS UNTUK PENURUNAN NYERI PENDERITA SPONDILOSIS LUMBAL. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2014. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/8427>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2014.v02.i01.p03.

Keywords

spondilosis lumbal, nyeri, IR, TENS ,masase, William flexion exercise