ZUMBA DAPAT MENURUNKAN PERSENTASE LEMAK TUBUH PADA REMAJA PUTRI OVERWEIGHT DI KOTA DENPASAR

  • Ni Putu Witari Ikayani Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Indira Vidiari Juhanna Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Dewa Ayu Inten Dwi Primayanti Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Overweight atau kegemukan merupakan suatu kondisi terjadinya peningkatan kadar lemak dalam tubuh (melebihi persentase normal). Tujuan penelitian ini adalah untukomengetahui adanya pengaruh Zumba terhadap penurunan persentase lemak tubuh. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan rancangan Pre Test dan Post Test Control Group Design dan teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Jumlah sampel 20 orang remaja putri di Kota Denpasar yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Kelompok Perlakuan (KP) yang berjumlah 10 orang dan Kelompok Kontrol (KK) yang berjumlah 10 orang. Pengukuran lemak diukur dengan menggunakan skinfold caliper. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok perlakuan terdapat hasil yang signifikan dalam penurunan persentase lemak tubuh (p=0,001). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Zumba dapat menurunkan persentase lemak tubuh pada remaja putri overweight di Kota Denpasar.


Kata kunci: Zumba, Persentase Lemak, Remaja Putri, Overweight, Skinfold calliper.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-15
How to Cite
IKAYANI, Ni Putu Witari; JUHANNA, Indira Vidiari; PRIMAYANTI, I Dewa Ayu Inten Dwi. ZUMBA DAPAT MENURUNKAN PERSENTASE LEMAK TUBUH PADA REMAJA PUTRI OVERWEIGHT DI KOTA DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 45-48, sep. 2019. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/54737>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2019.v07.i03.p11.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>