PREVALENSI HALLUX VALGUS PADA GURU DAN PEGAWAI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PARIWISATA DALUNG DI BADUNG

  • Ni Kadek Angel Puri Asih Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Indira Vidiari Juhanna Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Made Niko Winaya Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Sayu Aryantari Putri Thanaya Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Hallux Valgus (HV) adalah kelainan bentuk kaki yang sangat umum terjadi pada masyarakat modern. Hallux valgus merupakan kelainan bentuk pada ibu jari kaki dimana terjadi deviasi lateral akibat peningkatan adduksi metatarsal pertama terhadap sendi tarsometatarsal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi hallux valgus dan memberikan gambaran proporsi HV berdasarkan jenis kelamin, usia, dan indeks massa tubuh (IMT) pada guru dan pegawai di Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Dalung di Badung. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan potong lintang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang (51 pria dan 49 wanita) dengan rentang usia 21-66 tahun. Variabel dalam penelitian ini yaitu hallux valgus, jenis kelamin, usia, dan IMT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi penderita HV pada guru dan pegawai di Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Dalung di Badung sebanyak 40%. Proporsi penderita HV berdasarkan jenis kelamin lebih besar pada wanita daripada pria, berdasarkan usia lebih besar pada kelompok usia 26-35 tahun, berdasarkan indeks massa tubuh (IMT) yang terbanyak adalah pada kategori obese.


Kata Kunci : prevalensi, hallux Valgus, guru dan pegawai

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-25
How to Cite
ASIH, Ni Kadek Angel Puri et al. PREVALENSI HALLUX VALGUS PADA GURU DAN PEGAWAI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PARIWISATA DALUNG DI BADUNG. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 27-31, may 2020. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/50321>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2020.v08.i02.p06.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>