THE PELATIHAN PROPIOSEPTIF MULTISTATION LEBIH EFEKTIF DIBANDINGKAN DENGAN PELATIHAN PROPIOSEPTIF KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELOMPAT VERTICAL JUMP ATLET BASKET PRIA DI DENPASAR

  • Nila Wahyuni
  • Niko Winaya

Abstract

Prestasi Indonesia pada cabang olahraga basket mengalami pasang surut dari tahun ke tahun.Melihat pasang surut prestasi olahraga basket Indonesia yang dari tahun ke tahun semakin mengalami penurunan, maka perlu ditinjau metode pelatihan yang tepat untuk dapat meningkatkan prestasi Indonesia pada cabang olahraga basket.Kemampuan melompat sangat penting bagi atlet basket karena kemampuan melompat merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang pencapaian atlet basket.Vertical jump merupakan salah satu pemeriksaan standar yang digunakan untuk mengetahui kemampuan gerak dan kekuatan otot kaki atlet basket olahraga basket.


Penelitian ini bersifat eksperimental dengan metode  pre test and post test control group design, dimana pembagian sampel menjadi dua kelompok dilakukan secara acak atau random. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2014.Sampel dipilih secara simple random sampling.Dua kelompok perlakuan dengan masing-masing kelompok 18 sampel dipilih secara random.Kelompok satu diberikan perlakuan berupa pelatihan propioseptif multistation dan kelompok dua diberikan perlakuan berupa pelatihan propioseptif konvensional.


Data peningkatan selisih ketinggian lompatan pada kedua kelompok telah diuji dengan uji Mann Whitney memiliki nilai p<0,05 yaitu nilai p=0,00. Data tersebut menunjukkan bahwa peningkatan selisih ketinggian lompatan setelah dilakukan pelatihan pada kelompok pelatihan propioseptif konvensional dan kelompok pelatihan propioseptif multistation menunjukkan perbedaan yang bermakna secara statistik


Simpulan dalam penelitian ini adalah sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan propioseptif multistation lebih efektif dibandingkan dengan pelatihan propioseptif konvensional dalam meningkatkan kemampuan melompat pada vertical jump test.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para pelatih dan atlet basket untuk dapat melakukan metode pelatihan untuk meningkatkan kemampuan melompat vertical jump.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-13
How to Cite
WAHYUNI, Nila; WINAYA, Niko. THE PELATIHAN PROPIOSEPTIF MULTISTATION LEBIH EFEKTIF DIBANDINGKAN DENGAN PELATIHAN PROPIOSEPTIF KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELOMPAT VERTICAL JUMP ATLET BASKET PRIA DI DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 2, may 2016. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/22057>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2016.v04.i02.p01.

Keywords

vertical jump; pelatihan propioseptif multistation; pelatihan propioseptif konvensional