Analisis Pipa Collector Menggunakan Simulasi CFD Teknologi Sistem Desalinasi Berbasis Solar Concentrator

  • Callvin Bayu Rayendra Universitas Gunadarma
  • Ridwan Ridwan Jurusan Teknik Mesin, Universitas Gunadarma
  • Tri Mulyanto Jurusan Teknik Mesin, Universitas Gunadarma

Abstract

Air bersih merupakan sebuah kebutuhan utama bagi setiap makhluk hidup, bagi masyarakat air tawar yang bersih merupakan faktor yang tidak dapat dipisahkan dari berbagai macam aktifitas terutama bagi masyarakat pesisir pantai, yang pada kenyataannya jumlah air tawar lebih sedikit dibandingkan air laut, untuk itu diperlukan sebuah teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan air tawar bagi semua masyarakat. Salah satu teknologi tersebut adalah teknologi desalinasi air laut yang berbasis energi matahari. Solar concentrator merupakan alat pengumpul panas sinar matahari dengan cara memantulkan ke satu titik fokal, pada titik fokal tersebut dipasang sebuah pipa collector atau absorber yang berfungsi sebagai penampung air laut, temperatur permukaan pipa collector akan meningkat dan terjadi proses heat transfer ke arah fluida di dalam pipa yang kemudian terjadi penguapan, uap inilah yang akan di kondensasikan untuk kemudian menjadi air tawar. Secara teoritis produksi air tawar adalah 0.115 L/jam dan intensitas radiasi konstan 1000 W/m2. Variasi temperatur terjadi bila intensitas radiasi tidak stabil. Analisa persebaran panas permukaan pipa collector dapat dilihat dengan simulasi CFD ANSYS FLUENT 17.2. Dan simulasi CFD pada pipa collector menghasilkan temperatur tertinggi yaitu 440 K yang menandakan temperatur diatas titik didih air.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Raj. Rahul, Bajju. V, Thermodynamic Analysis of a Solar Powered Adsorption Cooling and Desalination System, Energy Procedia 158, 885-891, 2019.
[2] Holman, J P., Heat Transfer, Tenth Edition, Southern Methodist University, Texas, 2008.
[3] Kuang Yudi, Chaoji Chen, Shuaiming He, A High-Performance Self-Regenerating Solar Evaporator for Continuous Water Desalination. University of Maryland, USA, 2019.
[4] Wan Yanjuan, Jinliang Xu, Qibin Liu, Performance analysis of A Parabolic Trough Solar Collector using Al2O3/ Synthetic Oil Nanofluid. Beijing, China, 2016.
[5] Lou Jincheng, Johan Vanneste, Steven C, Computational Fluid Dynamics Simulations of Polarization Phenomena in Direct Contact Membrane Distillation, Colorado School of Mines, USA, 2019.
Published
2020-11-28
How to Cite
RAYENDRA, Callvin Bayu; RIDWAN, Ridwan; MULYANTO, Tri. Analisis Pipa Collector Menggunakan Simulasi CFD Teknologi Sistem Desalinasi Berbasis Solar Concentrator. Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 85-92, nov. 2020. ISSN 2502-3829. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mettek/article/view/57910>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/METTEK.2020.v06.i02.p02.
Section
Articles