Analisa Kualitas Pelayanan Jurusan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Teknik Mesin Unud
Abstract
Jurusan Teknik Mesin adalah satu dari beberapa jurusan yang memiliki akreditasi A. Untuk mempertahankan kinerja tersebut hendaknya Jurusan lebih memperhatikan kualitas pelayanannya terutama kepada mahasiswa sebagai pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Jurusan terhadap kepuasan mahasiswa Teknik Mesin Unud serta mencari prioritas utama dari faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Penelitian ini melibatkan seratus responden. Dari hasil perhitungan didapat bahwa Daya Tanggap (Responsiveness), Reabilitas (Reliability), Bukti Fisik (Tangible), Empati (Empaty), Jaminan (Assurance) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana. Adapun persamaan regresi linier berganda yang didapat adalah : Y = 5,034 + 0,156X1 + 0,140X2 + 0,095X3 + 0,234X4 + 0,264X5. Dari diagram kartesius dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) maka didapat gambaran posisi masing-masing faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Ada 3 item yang berada pada kuadran A (Prioritas Utama) yaitu X1.2 yaitu Kemampuan dosen untuk cepat tanggap dalam membantu masalah mahasiswa, X3.9 yaitu Ketersediaan buku dan diktat di ruang baca, dan yang terakhir X5.5 Terbentuknya jaringan jurusan dan alumni.
Department of Mechanical Engineering is one of the majors accredited A. To maintain the performance of the Department should pay more attention to the quality of services especially to students as customers. The purpose of this study was to determine the effect of service quality to the satisfaction of the Department of Mechanical Engineering students Unud and looking for the main priorities of factors that affect student satisfaction. This research involved a hundred repondents. The research result shows that responsiveness (Responsiveness), The reliability (Reliability), Physical Evidence (Tangible), Empathy (Empaty), Security (Assurance) influence simultaneously against student satisfaction Udayana University Department of Mechanical Engineering. The multiple linear regression equation obtained are as follows: Y = 5,034 + 0,156 X1 + 0,140 X2 + 0,095 X3 + 0,234 X4 + 0,264 X5. From diagram cartesius by using Importance Performance Analysis (IPA) Method hence got picture of position of each factor that influence student’s satisfaction. There are three item that are in quadrant A (main priority) that is X1.2 that is the ability of lecturer to be quick responsive in assisting student problem, X3.9 that is availability book in reading room, and last X5.5 formation of network of departement and graduates.
Downloads
References
Gazpersz, Vincent (1998) “ManajemeProduktivitas Total”: Edisi 1 , PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Penindra, I.M.D.Budiana (2013) “Peningkatan Produktivitas Pada Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana Melalui Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Yang Terintregasi”, Prosiding Seminar Nasional Mesin dan Industri 2003, Univ Tarumanagara, Jakarta
Putra, J.R (1988) “Dasar-dasar Produktivitas”: Edisi 1 , Karunia, Universitas Indonesia, Jakarta
Saaty, T.L (1993) “Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin: Proses Hirarki Analitik untuk Pengambil Keputusan Dalam Situasi yang Kompleks” PT Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.
Summanth, D.J (1984) “Productivity Engineering and Management”, Edisi 3, McGraw Hill Company, New York.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.