Analisa Perawatanpada Komponen Kritis Mesin Pembersih Botol 5 Gallon PT. X dengan Menggunakan MetodeReliability Centered Maintenance(RCM)

  • Ida Bagus Gde Ardhikayana Program Studi Magister Teknik Mesin Universitas Udayana
  • I Nyoman Suprapta Winaya Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Priambadi Fakultas Teknik Universitas Udayana

Abstract

Industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dewasa ini semakin berkembang. Meningkatnya permintaan dari konsumen berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah produsen serta pelaku  industri AMDK. Salah satu pelaku industry AMDK ini adalah PT.X, yang mana memiliki beberapa produk AMDK, salah satunya berupa produk AMDK ukuran 5 gallon, atau 19 liter. Sistem produksi returnable dilakukan pada proses pengemasan AMDK gallon ini. Dalam proses tersebut digunakan system mesin pencucian yang mana digunakan secara kontinyu sehingga tidak dapat dielakkan, terdapat penurunan performa signifikan. Hal ini dialami pula oleh PT.X sehingga mengakibatkan cost downtime atau kerugian signifikan pada perusahaan. Untuk menjaga agar mesin produksi tetap berjalan sebagaimana mestinya maka digunakanlah sistem manajemen pemeliharaan (maintenance) mesin produksi.Perawatan peralatan mesin yang mempunyai tingkat kekritisan yang tinggi memerlukan perhatian khusus karena peralatan mesin tentunya sangat berpengaruh terhadap kelancaran produksi. Dalam mencapai tingkat keberhasilan maksimal dalam proses maintenance tersebut, dibutuhkan metode yang tepat dalam pelaksanaannya. Menggunakan metode RCM merupakan cara yang efektif untuk menemukan komponen kritis penyebab kegagalan mesin, serta meminimumkan waktu dengan TMD yang diperoleh pada minggu ke 9, mendekati waktu standar cycle mesin menjadi dasar dilakukannya perawatan secara berkala pada minggu tersebut. Pentingnya melakukan perawatan pencegahan dan penggantian  untuk mengurangi kegagalan yang terjadi secara dini, dapat dilihat dari peningkatan efisiensi produktivitas sebesar 0,13%.

 

 

Kata kunci: AMDK, performa, Maintenance, Downtime, RCM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-05
How to Cite
ARDHIKAYANA, Ida Bagus Gde; SUPRAPTA WINAYA, I Nyoman; PRIAMBADI, I Gusti Ngurah. Analisa Perawatanpada Komponen Kritis Mesin Pembersih Botol 5 Gallon PT. X dengan Menggunakan MetodeReliability Centered Maintenance(RCM). Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 20 - 27, nov. 2015. ISSN 2502-3829. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mettek/article/view/19556>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles