Morphology and Spermatozoa X : Y Ratio of Mice (Mus musculus) Given Juwet Fruit Extract (Syzygium cumini) After Exposure to Cigarette Smoke

Main Article Content

Yoseph Raymond Irawan NI Nyoman Wirasiti Ni Made Rai Suarni A.A.S.A Sukmaningsih

Abstract

Buah Juwet merupakan buah dengan antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ekstrak buah juwet terhadap morfologi dan rasio spermatozoa X dan Y setelah terpapar asap rokok. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu K-, K+ (pemberian 1 batang rokok komersil/hari), P1 (diberi ekstrak buah juwet 1,8mg/g BB dan satu batang rokok komersil/hari), P2 (diberi ekstrak buah juwet 1,8mg/g BB) dan P3 (pemberian satu batang rokok dengan filter bubuk ekstrak buah juwet/hari) dan setiap perlakuan terdapat 4 kali ulangan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah spermatozoa dengan morfologi abnormal dan rasio X : Y  spermatozoa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada persentase spermatozoa abnormal antara kelompok kontrol dan perlakuan. Pada penelitian ini ekstrak buah juwet tidak berpengaruh secara signifikan terhadap rasio spermatozoa X dan Y. Dapat disimpulkan bahwa ekstrak buah juwet mampu menurunkan resiko munculnya kelainan morfologi pada spermatozoa setelah terpapar asap rokok. Namun ketiga metode tersebut belum mampu secara efektif mempengaruhi rasio spermatozoa X dan Y setelah terpapar asap rokok.


Kata kunci: ekstrak juwet, mencit, radikal bebas, rasio spermatozoa, rokok.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
IRAWAN, Yoseph Raymond et al. Morphology and Spermatozoa X : Y Ratio of Mice (Mus musculus) Given Juwet Fruit Extract (Syzygium cumini) After Exposure to Cigarette Smoke. Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 96-108, apr. 2023. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/98658>. Date accessed: 27 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2023.v10.i01.p10.
Section
Articles