Toxicity Analysis And Antioxidant Activity In Clove Stem Extract (Syzygium aromaticum) Toxicity Analysis and Antioxidant Activity in Clove Stem Extract (Syzygium aromaticum)

Main Article Content

Yunita Diyah Safitri F Fatimah

Abstract

Bahan alam saat ini banyak digunakan sebagai alternatif obat kimia dalam mengatasi permasalahan kesehatan pada masyarakat. Salah satu jenis tanaman herbal yang sering dimanfaatkan khasiatnya di Indonesia adalah tanaman cengkeh. Penggunaan tanaman cengkeh dalam pembuatan obat herbal sudah banyak ditemui di Indonesia. Selain itu, tanaman cengkeh juga digunakan sebagai campuran beberapa minuman herbal yang diakui kaya akan antioksidan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat toksisitas gagang cengkeh, serta mengidentifikasi aktivitas antioksidan yang terkandung pada gagang cengkeh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brine Shrimp Test (BST) untuk menguji toksisitas ekstrak gagang cengkeh dengan menentukan nilai LC50. Pada pengujian antioksidan digunakan metode DPPH (2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl), serta dilihat absorbansinya pada spektrofotometri pada panjang gelombang 517 nm untuk menentukan nilai IC50 gagang cengkeh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak gagang cengkeh memiliki tingkat toksisitas yang kuat dengan nilai LC50 sebesar 56,3 ppm, serta memiliki aktivitas antioksidan yang kuat dengan nilai IC50 sebesar 63,5 ?g/mL.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SAFITRI, Yunita Diyah; FATIMAH, F. Toxicity Analysis And Antioxidant Activity In Clove Stem Extract (Syzygium aromaticum). Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 120-125, apr. 2023. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/90777>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2023.v10.i01.p12.
Section
Articles