Formulasi dan Aplikasi Konsorsium Bakteri Berbahan Dasar Molase untuk Mendegradasi Limbah Minyak dan Lemak di Lingkungan

Main Article Content

Retno Kawuri Ida Bagus Gede Darmayasa I Komang Adi Widyastama Rochmalia Juniarti Putri

Abstract

Pencemaranan limbah lemak ke lingkungan perairan yang berasal dari pengolahan makanan industri, restoran dan dapur atau oleh tumpahan minyak yang tidak disengaja saat ini semakin banyak ditemukan. Hasil PUPS tahun 2020 ditemukan 3 strain bakteri yaitu Bacillus licheneformis, Bacillus coagulan dan Pseudomonas diminuta. Konsorsium mikroba merupakan campuran populasi mikroba dalam bentuk komunitas yang memiliki hubungan kooperatif, komensal, dan mutualistik. Pengujian di lapangan perlu dilakukan untuk menguji apakah hasil degradasi lemak dan minyak dari ketiga bakteri diatas mampu diaplikasikan di limbah lemak dan minyak di lingkungan. Tujuan dari penelitian untuk mencari formulasi media dan aplikasi yang tepat dari konsorsium bakteri berbahan dasar molase dan untuk mengetahui efektifitas dari formulasi media berbahan dasar molase. Penelitian ini menggunakan metode Sequence Batch Reactor (SBR), parameter fisika, kimia dan biologis meliputi pengukuran Total lemak, Pengujian Oksigen Terlarut (Dissolve Oxygen/DO), Pengujian BOD5 (Biological Oxygent Demant), Pengujian Nitrat, Pengujian Nitrit Total padatan terlarut (Total dissolve solid/TDS), dan Penghitungan Mikroba TPC, (Total Plate Count). Hasil penelitian menunjukan penurunan pada perlakuan pemberian konsorsium bakteri sebesar 80 ml/2lt ( 40 ml/lt ) limbah lemak dan minyak pada pengukuran BOD5, TDS,  total lemak, nitrit dan nitrat serta populasi bakteri yang tetap tinggi pada hari ke 5 setelah perlakuan. Penelitian ini menunjukan kemampuan konsorsium bakteri berbahan dasar molase dapat digunakan sebagai agen starter pengolahan limbah lemak di lingkungan yang tercemar limbah lemak dan minyak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KAWURI, Retno et al. Formulasi dan Aplikasi Konsorsium Bakteri Berbahan Dasar Molase untuk Mendegradasi Limbah Minyak dan Lemak di Lingkungan. Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 285-291, oct. 2023. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/105421>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2023.v10.i02.p12.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>