Peramalan Jumlah Kunjungan Wisatawan Menggunakan Triple Exponential Smoothing

  • I Wayan Agus Surya Darma STMIK STIKOM Indonesia
  • I Putu Eka Giri Gunawan STMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Putu Sutramiani Universitas Udayana

Abstract

Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata terbaik di dunia. Berdasarkan berita resmi statistik yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik Bali, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali pada bulan Juni 2019 mencapai 549.751 kunjungan. Peramalan kunjungan wisatawan merupakan faktor yang sangat penting untuk menentukan kebijakan tempat tujuan wisata, meminimalkan ketidakpastian dan resiko investasi. Hal ini merupakan hal yang sangat penting karena sektor pariwisata merupakan tulang punggung ekonomi di Bali. Penelitian ini mengangkat topik bagaimana mengimplementasikan metode Triple Exponential Smoothing pada proses peralaman jumlah wisatawan. Kami menggunakan data historis kunjungan wisatawan ke Bali yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. Hasil peramalan dievaluasi menggunakan mean absolute error untuk menunjukan rata-rata kesalahan dalam perhitungan peramalan. Rata-rata Mean Absolute Error yang dihasilkan pada peramalan ini adalah 18 dengan hasil evaluasi terbaik dengan menggunakan Alpha 0.9, Beta 0 dan Gamma 0.8.

Published
2020-11-07
How to Cite
DARMA, I Wayan Agus Surya; GUNAWAN, I Putu Eka Giri; SUTRAMIANI, Ni Putu. Peramalan Jumlah Kunjungan Wisatawan Menggunakan Triple Exponential Smoothing. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 211-221, nov. 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/65039>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i03.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.