Rancang Bangun Aplikasi Pembaca SMS Berbahasa Indonesia Berbasis Android

  • Ni Kadek Ayu Anggraeni Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penggunaan telepon genggam di Indonesia belum diimbangi oleh pengetahuan untuk memanfaatkannya dengan layak dan bertanggung jawab. Penyalahgunaan telepon genggam yang sering terjadi adalah membaca Short Message Service (SMS) di saat yang tidak tepat seperti ketika mengendarai kendaraan bermotor. Aktivitas membaca SMS seperti ini dianggap berbahaya karena dapat mengurangi konsentrasi pengguna telepon genggam. Aplikasi Pembaca SMS Berbahasa Indonesia adalah solusi yang ditawarkan untuk mempermudah pembacaan pesan dengan cara mengubah data teks SMS ke bentuk suara menggunakan Google Text-to-speech. Perubahan dari teks ke suara dilakukan agar pengguna dapat mengetahui isi pesan SMS tanpa bersentuhan fisik dengan telepon genggamnya sehingga meminimalisir kemungkinan hilangnya konsentrasi pengguna. Fitur penerjemah singkatan dan emoticon juga tersedia pada Aplikasi Pembaca SMS. Metode penerjemahan meliputi ekstraksi teks dan referensi ke kamus singkatan dan emoticon. Ekstraksi teks bertujuan untuk memisahkan kata dan simbol ke dalam variabelnya tersendiri, sedangkan referensi kamus digunakan sebagai pembanding antara variabel data dengan isi basis data. Kuesioner penelitian menunjukkan Aplikasi Pembaca SMS berkategori baik dengan nilai 76,36%.

Published
2017-12-01
How to Cite
AYU ANGGRAENI, Ni Kadek; AGUNG BAYUPATI, I Putu; SUKARSA, I Made. Rancang Bangun Aplikasi Pembaca SMS Berbahasa Indonesia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 11, dec. 2017. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/39544>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2017.v05.i03.p08.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.