Rancang Bangun Game Tower Defense ‘Defense of Dewata Island’ Berbasis Android

  • I Gede Teguh Pribadi Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • A. A. K. Agung Cahyawan Wiranatha Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Game saat ini merupakan salah satu bagian yang mengisi keseharian dalam kehidupan manusia. Manfaat game tidak lagi hanya dijadikan sebagai sarana hiburan semata. Hampir semua orang dari berbagai kalangan dan umur pernah memainkan game. Game saat ini tidak hanya sabagai sarana hiburan tetapi telah berkembang menjadi sarana pembelajaran, lahan bisnis dan bahkan dipertandingkan sebagai salah satu dari cabang olahraga elektronik (e-sport) oleh para profesional. Genre game yang banyak dimainkan pada perangkat mobile salah satunya adalah game bergenre strategi. Game bergenre strategi ini banyak diminati oleh para pemain dikarenakan selain untuk sarana hiburan, game strategi lebih memacu keahlian berpikir dari pemainnya agar dapat menyelesaikan permainan. Game Tower Defense sendiri merupakan permainan strategi untuk mengatur penempatan tower yang bertujuan untuk menghentikan musuh yang akan melintas. Game Tower Defense ‘Defense of Dewata Island’ merupakan game yang dibangun berbasis dua dimensi dimana karakter dan cerita yang digunakan diadaptasi dari Budaya Bali. Game ini dibangun menggunakan platform Android. Berdasarkan hasil pengujian dari aspek pengalaman user, grafis game, rekayasa perangkat lunak, entertainment dan content memiliki tingkat kelayakan rata-rata mencapai 85%, sehingga game Tower Defense ‘Defense of Dewata Island’ dapat diterima dan digunakan oleh masyarakat sebagai media hiburan dan pembelajaran untuk sejarah Bali.

Published
2017-12-01
How to Cite
TEGUH PRIBADI, I Gede; AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA, A. A. K.; WIRA BUANA, Putu. Rancang Bangun Game Tower Defense ‘Defense of Dewata Island’ Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 13, dec. 2017. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/39541>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2017.v05.i03.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.