Rancang Bangun Aplikasi Analisa Pola Hujan Penyebab Banjir Di Jakarta

  • Ida Bagus Kade Putra Susila Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Dewa Nyoman Nurweda Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis, salah satu musim yang terdapat pada iklim tropis adalah hujan. Hujan dapat menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari hujan yaitu dapat memenuhi kebutuhan air bagi makhluk hidup, sedangkan dampak negatif dari hujan yaitu dapat menyebabkan banjir. Penanganan banjir diperlukan untuk meminimalkan kerugian masyarakat akibat bencana banjir, salah satu tindakannya yaitu menangani sumber terjadinya banjir atau genangan. Pemanfaatan teknologi penginderaan jauh pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pola hujan yang berkaitan dengan sumber terjadinya banjir. Citra satelit yang digunakan pada penelitian ini bersumber dari GSMaP. GSMaP dipergunakan untuk mengambil data curah hujan setiap jam di seluruh dunia. Aplikasi ini menggunakan metode statistika deskriptif untuk memperoleh keputusan bahwa banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi atau disebabkan banjir kiriman. Hasil pengujian aplikasi yaitu pola hujan di Jakarta dan Bogor dalam bentuk grafik pola hujan untuk menentukan penyebab banjir di Jakarta.

Published
2017-12-01
How to Cite
PUTRA SUSILA, Ida Bagus Kade; NURWEDA PUTRA, I Dewa Nyoman; WIRA BUANA, Putu. Rancang Bangun Aplikasi Analisa Pola Hujan Penyebab Banjir Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 11, dec. 2017. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/39537>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2017.v05.i03.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.