RANCANG BANGUN GAME TRADISIONAL “ADU GASING” PADA PLATFORM ANDROID

  • I Wayan Widarma Eka Putra Universitas Udayana
  • A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Universitas Udayana

Abstract

Gasing merupakan permainan tradisional Masyarakat Melayu sejak dahulu. Gasing merupakan sejenis permainan yang dapat berputar pada porosnya, sambil menyeimbangkan pada satu titik. Permainan gasing tradisional seiring perkembangan zaman mulai ditinggalkan. Masyarakat lebih mengenal gasing modern yang sering disebut Beyblade. Solusi yang ditawarkan adalah media dalam bentuk game berbasis Android untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai permainan tradisional gasing. Game Adu Gasing merupakan sebuah game dengan genre fighting yang mengambil konsep dari permainan Gasing Indonesia. Fitur yang terdapat pada Game Adu Gasing yaitu select speed dan get power. Accelerometer berfungsi untuk menggerakkan gasing player. Penerapan Artificial Intelligence dari Game Adu Gasing yaitu diterapkan pada karakter musuh. Karakter gasing dari lawan atau musuh diberi kecerdasan buatan seolah-olah hidup agar dapat bergerak dan bertarung dengan gasing player. Kualitas Game Adu Gasing berdasarkan hasil penilaian responden adalah baik, dengan hasil persentase aspek grafis sebesar 60%, aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 73%, aspek entertainment game sebesar 50% dan aspek content game sebesar 65%.

Kata kunci: Gasing, Beyblade, Game, Artificial Intelligence

Author Biographies

I Wayan Widarma Eka Putra, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Nyoman Piarsa, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-08-01
How to Cite
WIDARMA EKA PUTRA, I Wayan; AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA, A. A. Kt.; PIARSA, I Nyoman. RANCANG BANGUN GAME TRADISIONAL “ADU GASING” PADA PLATFORM ANDROID. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], aug. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26875>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.