Game Perang Pandan Menggunakan Metode Dynamic Difficulty Adjustment

  • Dewa Gede Anom Surya Praktiyasa Universitas Udayana
  • A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha Universitas Udayana
  • Ni Kadek Dwi Rusjayanthi Universitas Udayana

Abstract

Game selain sebagai hiburan, juga dapat digunakan sebagai media pengenalan kebudayaan daerah, salah satunya adalah kebudayaan Perang Pandan. Perang Pandan merupakan kebudayaan daerah yang berasal dari Desa Tenganan Pegringsingan, Kabupaten Karangasem. Perang Pandan merupakan sebuah prosesi yang dilakukan dengan menggunakan pandan berduri sebagai senjata untuk menyerang dan tameng dari rotan yang dianyam untuk bertahan. Game Perang Pandan menerapkan metode Dynamic Difficulty Adjustment. Metode ini secara otomatis menyesuaikan tingkat kesulitan pada game dengan kemampuan pengguna. Game Perang Pandan menerapkan parameter pemilihan lawan dan penambahan hitpoints berdasarkan waktu pertandingan. Hasil uji coba penerapan metode terhadap 10 orang responden menunjukkan persentase kemenangan yang diperoleh sebanyak 90% pada level normal, persentase kemenangan sebanyak 80% pada level sulit, dan skor untuk tipe permainan Survival dengan rentang dimulai dari 3 dan yang paling banyak adalah 5 dimana rata-rata waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu ronde permainan berkisar antara 30 detik sampai dengan 63 detik.

Kata Kunci: Dynamic Difficulty Adjustment, Game, Kebudayaan, Perang Pandan, Tenganan

Author Biographies

Dewa Gede Anom Surya Praktiyasa, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Ni Kadek Dwi Rusjayanthi, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-08-01
How to Cite
ANOM SURYA PRAKTIYASA, Dewa Gede; AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA, A. A. Kt.; DWI RUSJAYANTHI, Ni Kadek. Game Perang Pandan Menggunakan Metode Dynamic Difficulty Adjustment. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], aug. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26873>. Date accessed: 09 mar. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.