Sistem Pakar Analisis Kepribadian Diri dengan Metode Certainty Factor

  • Putu Veda Andreyana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Kepribadian adalah sifat dan tingkah laku khas seseorang yang membedakan seseorang dengan orang lain. Salah satu metode yang digunakan psikolog adalah Big Five Personality untuk mendapatkan jenis-jenis kepribadian. Sistem pakar adalah sistem informasi yang berisi pengetahuan dari pakar yang dapat melakukan analisa seperti seorang pakar. Sistem Pakar Kepribadian Diri dengan metode Big Five dapat memudahkan seseorang melakukan tes kepribadian tanpa psikolog, dan memudahkan psikolog dalam melakukan tes kepribadian karena tanpa melakukan perhitungan manual. Sistem Pakar Kepribadian Diri merupakan sistem berbasis web yang memberikan hasil tes kepribadian seseorang dan juga memberikan informasi tentang jenis-jenis kepribadian yang ada. Sistem ini diimplementasikan menggunakan metode forward chaining untuk mendapatkan kesimpulan dari suatu kepribadian. Output sistem pakar tes kepribadian berupa jenis-jenis kepribadian berdasarkan Big Five Personality. Persentase kepercayaan yang diperoleh berdasarkan kuesioner terhadap sistem pakar ini yaitu tingkat akurasi 74%.

Kata kunci: Sistem Pakar, Kepribadian, Big Five Personality, Certainty Factor, Forward Chaining

Published
2015-08-01
How to Cite
VEDA ANDREYANA, Putu; PIARSA, I Nyoman; WIRA BUANA, Putu. Sistem Pakar Analisis Kepribadian Diri dengan Metode Certainty Factor. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], aug. 2015. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17801>. Date accessed: 23 sep. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.