Analisa Pengaruh Variasi Temperatur dan Tekanan Terhadap Unjuk Kerja Mesin CFM56-7B18

  • Arum Amalia
  • I Gusti Ketut Sukadana
  • I Ketut Gede Wirawan

Abstrak

Abstrak
Mesin CFM56-7B18 merupakan salah satu jenis dari mesin pesawat yang cukup banyak digunakan. Diketahuhi bahwa pesawat merupakan moda transportasi yang sering digunakan dan sangat berguna bagi banyak orang. Tujuan dari penilitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari temperatur dan tekanan udara pada saat pesawat climbing terhadap unjuk kerja dari mesin tersebut yang kemudian akan diabndingkan dengan hasil dari perhitungan simulator EngineSim. Variasi temperatur udara yang dianalisa yaitu pada 268,7 K ; 262,2 K ; 255,7 K ; 249,2 K ; 242,7 K. Variasi tekanan udara yang dianalisa yaitu pada 70,12 kPa ; 61,66 kPa ; 54,05 kPa ; 47,22 kPa ; 41,44 kPa. Hasil dari perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa gaya dorong akan menurun seiring dengan menurunnya temperatur dan tekanan udara, efisiensi propulsi mengalami penurunan seiring dengan menurunnya temperatur dan tekanan udara, serta konsumsi bahan bakar spesifik yang akan mengalami kenaikan pada saat temperatur dan tekanan udara menurun.
Kata kunci: CFM56-7B18, EngineSim, Gaya Dorong, Efisiensi Propulsi, TSFC
Abstract
The CFM56-7B18 engine is one type of aircraft engine that is quite widely used. It is recognized that the plane is a mode of transportation that is often used and very useful for many people. The purpose of this research is to find out how the influence of temperature and air pressure when the aircraft is climbing on the performance of the machine which will then be compared with the results of the EngineSim simulator calculations. The analyzed air temperature variations are at 268.7 K; 262.2 K; 255.7 K; 249.2 K; 242.7 K. The variations in air pressure were analyzed at 70.12 kPa; 61.66 kPa; 54.05 kPa; 47.22 kPa; 41.44 kPa. The results of the calculations that have been carried out show that the thrust will decrease with decreasing temperature and air pressure, propulsion efficiency decreases with decreasing temperature and air pressure, and the specific fuel consumption will increase when the temperature and air pressure decrease.
Keywords: CFM56-7B18, EngineSim, Thrust, Propulsion Efficiency, TSFC

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2020-10-01
##submission.howToCite##
AMALIA, Arum; SUKADANA, I Gusti Ketut; WIRAWAN, I Ketut Gede. Analisa Pengaruh Variasi Temperatur dan Tekanan Terhadap Unjuk Kerja Mesin CFM56-7B18. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 9, n. 4, oct. 2020. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/72925>. Tanggal Akses: 22 nov. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3