Simulasi Drag Reduction Pada Model Truk-Kontainer Dengan Penambahan Side Skirts

  • Faris Reynaldi
  • Ainul Ghurri
  • Anak Agung Adhi Suryawan

Abstrak

Abstrak
Peningkatan karakteristik aerodinamik pada kendaraan dapat berkontribusi sebagai salah satu solusi dalam permasalahan tingkat konsumsi bahan bakar dan polusi gas emisi yang berlebih khususnya pada jenis kendaaraan berat truk-kontainer. Salah satu bagian dari truk-kontainer yang menjadi penyebab tingginya nilai gaya hambat terletak pada sisi bawah truk-kontainer (clearance antara permukaan jalan dan sisi bawah kontainer), karena terjadi aliran udara pada bagian tersebut.
Telah banyak studi yang dilakukan guna menentukan cara yang efektif untuk mereduksi hambatan aerodinamik kendaraan khusunya pada truk-kontainer, salah satunya yang digunakan pada penelitian ini adalah penambahan aerodynamic devices berupa side skirts dengan variasi pada sudutnya. Tercatat bahwa penambahan side skirts dengan sudut 0° dan 15° dapat mereduksi koefisien drag masing-masing hingga 3% dan 1%. Penambahan besar sudut pada side skirts dapat berdampak pada penurunan nilai reduksi gaya drag yang terjadi.
Kata Kunci : aerodinamik, emisi, truk-kontainer, clearance, side skirts, sudut, drag, reduksi
Abstract
An improvement on aerodynamic characteristics of vehicles can contribute as a solution to the problem of fuel consumption levels and excessive emissions of gas emissions, especially in the type of heavy vehicle container trucks. One part of the container trucks which is the cause of the high value of drag is located on the bottom side of the container truck (clearance between the surface of the road and the bottom side of the container), due to air flow in that section.
Many studies have been conducted to determine an effective way to reduce aerodynamic drag of vehicles especially in container trucks, one of which is used in this study is the addition of aerodynamic devices in the form of side skirts with variations in the angle. It is noted that the addition of side skirts with angles of 0 ° and 15 ° can reduce the drag coefficient to 3% and 1% respectively. Large increase in angle on the side skirts can have an impact on the reduction in the value of the drag force reduction that occurs.
Keywords: aerodynamics, emissions, container trucks, clearance, side skirts, angles, drag, reduction

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2020-10-01
##submission.howToCite##
REYNALDI, Faris; GHURRI, Ainul; ADHI SURYAWAN, Anak Agung. Simulasi Drag Reduction Pada Model Truk-Kontainer Dengan Penambahan Side Skirts. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 9, n. 4, oct. 2020. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/72889>. Tanggal Akses: 05 nov. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4 > >>