PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI KOPI JENAR DENPASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran citra merek memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kopi. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Denpasar pada 100 orang responden yang dipilih dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur. Hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kedai Kopi Jenar di Kota Denpasar. Hal ini berarti semakin baik kualitas produk yang dimiliki oleh perusahaan maka semakin kuat keputusan pembelian yang dihasilkan oleh konsumen. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek pada Kedai Kopi Jenar di Kota Denpasar. Hal ini berarti semakin baik kualitas produk yang dimiliki oleh perusahaan maka semakin baik pula citra merek yang dihasilkan perusahaan dibenak konsumen. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kedai Kopi Jenar di Kota Denpasar. Hal ini berarti ketika perusahaan mampu mengkreasi citra merek dengan baik maka semakin yakin keputusan pembelian yang dihasilkan konsumen. Citra merek mampu memediasi secara penuh pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Kedai Kopi Jenar di Kota Denpasar.
Kata kunci: Keputusan pembelian; Citra merek; Kualitas produk
Downloads
References
Arslan, M., & Zaman, R. (2014). Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan. Research on Humanities and Social Sciences, 4(22), 98–105.
Citra, T., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1), 67. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i1.13414
Darmajaya, I. B. D., & Sukawati, T. G. R. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(12), 6931. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p01
Dewi, I. K., & Rahanatha, G. B. (2022). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(2), 378. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i02.p09
Dharma, N., & Sukaatmadja, I. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(10), 255281.
Dianah, N., & Welsa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen, 7(1), 16–26.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17
Firdaus, A. H., Listiyanto, E., Talattov, A. P., & Taufikurahman, M. R. (2020). Kajian Tengah Tahun INDEF 2020: Menata Arsitektur Ekonomi Pasca Pandemi. INDEF.
Hestyani, A. ., & Astusti, S. R. (2017). Analisis pengaruh celebrity endorser, daya tarik iklan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening (studi pada konsumen yang menggunakan masker wajah mustika ratu di kota semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(2), 1–11.
Humdiana. (2015). Analisis Elemen-Elemen Ekuitas Merek Produk Rokok. Merek Djarum Black. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 12(1), 42–49.
Indrayani, L., & Nurcaya, I. (2014). Peran Persepsi Kualitas Produk Dalam Memediasi Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Niat Beli Handphone Samsung Galaxy Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(4), 243990.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2015). Dasar – dasar Pemasaran. Edisi Kesebilan. PT. Indeks Gramedia.
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598
Mukhlish, A. B. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk yang Dimediasi Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Economics, Technology, and Entreprenuer, 01(02), 89–107.
Noerchoidah. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Brand Image dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki. Jurnal WIGA, 3(1), 48–60.
Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2), 171–179.
Nurdianto, D., & Yaniati, T. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Motor Honda. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 2(10), 1–29.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 4(2).
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p08
Parasayu, D. A., & Widayanto, W. (2016). Keputusan Pembelian Indomie Goreng Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 94–103.
Prasetya, C. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario pada PT Sumber Purnama Sakti di Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(2), 84754.
Purnamasari, S., & Murwatiningsih, M. (2015). Brand Image sebagai Mediasi Pengaruh Promosi, Harga dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer di Semarang Timur. Management Analysis Journal, 4(3), 265–272.
Rohmah, S., & Khuzaini. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perhiasan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(5), 1–15.
Saraswati, A., & Rahyuda, I. (2017). Brand Image Memediasi Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(6), 255257.
Shimp, T. . (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi Edisi 8. Salemba Empat.
Situmorang, I., Jushermi, J., & Marhadi, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 72–86.
Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, brand image, dan media communication terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal, 1(1).
Tobing, R. P., & Bismala, L. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Akuntansi Dan Bisnis, 1(November), 11–25.
Widodo, A. S., Yughi, S. A., & Arsid, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waroeng Steak Ciputat. JURNAL SeMaRaK, 4(3), 93. https://doi.org/10.32493/smk.v4i3.13422
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18.