PENGARUH KEWAJARAN HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Universitas Udayana
Abstract
Keadaan saat pandemi Covid-19 banyak mematikan sektor industri, salah satu sektor industri yang terdampak adalah sektor pariwisata di Bali, sehingga bentuk usaha dagang yang menjual barang bekas hotel dan restoran menjadi lebih berkembang dengan cara memanfaatkan keadaan yang terjadi. Pada umumnya masyarakat akan mengambil keputusan untuk membeli barang bekas agar dapat memenuhi kebutuhannya setelah memilih barang bekas dengan harga yang terjangkau, kualitas bagus, dan lokasi tempat berbelanja barang bekas yang mudah di jangkau, karena faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian seorang pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kewajaran harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian barang bekas di toko Bedugul Ex Hotel & Resto. Populasi yang digunakan yaitu pelanggan yang pernah membeli produk dari Toko Bedugul Ex Hotel & Resto. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 65 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kewajaran harga, kualitas produk, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Toko Bedugul ex hotel & resto di Kota Denpasar. Hal ini berarti bahwa semakin baik persepsi kewajaran harga konsumen pada produk di Toko Bedugul ex hotel & resto, semakin tinggi kualitas produk dan semakin strategis lokasi Toko Bedugul ex hotel & resto, maka akan mempengaruhi keputusan pembelian yang semakin meningkat.
Kata kunci: kewajaran harga, kualitas produk, lokasi, keputusan pembelian