PERAN INOVASI MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM SONGKET
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang menerangkan hubungan antara variabel kinerja bisnis yang dipengaruhi orientasi pasar dan dimediasi oleh inovasi pada UMKM Songket di Kecamatan Sidemen Karangasem. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 64unit UMKM Songket di Kecamatan Sidemen Karangasem. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik sampling jenuh (sensus). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan model persamaan struktural SEM (Structural Equation Model) berbasis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis dan Inovasi memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis secara signifikan.
Kata kunci: Orientasi pasar, Inovasi, Kinerja Bisnis, UMKM