PERAN KEPUASAN KERJA MEMEDIASI MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK

Universitas Udayana

  • Putu Yuwanda Artana FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA
  • Ni Wayan Mujiati SE., M.Si. Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi kerja pada kinerja karyawan, pengaruh motivasi kerja pada kepuasan kerja, pengaruh kepuasan kerja pada kinerja karyawan, dan peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh motivasi kerja pada kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kuta yang melibatkan 75 responden dengan teknik pengumpulan sampel non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berbasis Google form, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1) Motivasi Kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada Kinerja Karyawan, 2) Motivasi Kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada Kepuasan Kerja, 3) Kepuasan Kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada Kinerja Karyawan, 4) Kepuasan Kerja mampu secara positif memediasi pengaruh Motivasi Kerja pada Kinerja Karyawan. Hasil penelitian ini memberikan implikasi kepada pihak terkait tentang motivasi kerja yang tinggi maka semakin tinggi pula kepuasan kerjanya, sehingga kinerja karyawan akan meningkat.


Kata kunci: motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja karyawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-28
How to Cite
ARTANA, Putu Yuwanda; SE., M.SI., Ni Wayan Mujiati. PERAN KEPUASAN KERJA MEMEDIASI MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 4, p. 722 - 741, apr. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73895>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i04.p05.
Section
Articles