NIAT REMAJA MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE COMMERCE DI KOTA DENPASAR
Abstract
Kesiapan dalam menggunakan teknologi dan risiko kredibilitas menjadi pengaruh di dalam niat remaja menggunakan aplikasi m-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat remaja menggunakan aplikasi m-commerce di Kota Denpasar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kausalitas yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menentukan hubungan dari suatu sebab akibat antara variabel eksogen dan variabel endogen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kesiapan dalam Pengadobsian dan Resiko kredibilitas, dan variable independen di dalam penelitian ini adalah niat untuk menggunakan m- commerce. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik adalah analisis data SEM (Structural Equation Modeling) dengan 125 responden. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdomisili di Kota Denpasar dan konsumen remaja dengan tahun kelahiran 1990-2000. Hasil analisis data secara statistik menunjukkan bahwa kegunaan yang dirasakan, kemudahaan yang dirasakan, pengaruh sosial dan kondisi fasilitas merupakan dimensi dari kesiapan dalam menggunakan teknologi. Risiko kemanan dan risiko privasiĀ merupakan dimensi dari risiko kredibilitas.Temuan penelitian ini adalah kesiapan dalam menggunakan teknologi dan risiko kredibilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap niat menggunakan aplikasi m-commerce.
Kata Kunci: niat berperilaku, kesiapan penggunaan teknologi, resiko kredibilitas, m-commerce.