PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAJA PADA PT SUMINSURYAMESINDOLESTARI
Abstract
Kepuasan pelanggan berperan penting dalam upaya peningkatkan keputusan pembelian. Tujuan penelitian adalah menguji dan menganalisis pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Baja pada PT Suminsurya Mesindolestari Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 204 pelanggan PT Suminsurya Mesindolestari Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 134 pelanggan, teknik sampling yang digunakan yaitu sampling random sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan dan Saluran Distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Baja pada PT Suminsurya Mesindolestari Medan. Peningkatan ketiga variabel tersebut baik secara parsial maupun bersama-sama dapat meningkatkan keputusan pembelian secara maksimal. Maka disarankan agar perusahaan dapat meningkatkan dan memperbaiki kedua variabel tersebut di dalam perusahaan.
Kata kunci : kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan, saluran distribusi, keputusan pembelian