PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Ni Putu Ira Kartika Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Nyoman Abundanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi pada perusahaan industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 46 perusahaan periode 2014-2017. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga sampel akhir yang didapatkan adalah 21 perusahaan yang  tergabung dalam industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur dan uji Sobel.  Hasil analisis menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas secara signifikan memediasi pengaruh  leverage terhadap nilai perusahaan serta profitabilitas  secara signifikan memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-03
How to Cite
KARTIKA DEWI, Ni Putu Ira; ABUNDANTI, Nyoman. PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 5, p. 3028 - 3056, may 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/45380>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p16.
Section
Articles