FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN CINA BERKUNJUNG KE BALI
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan Cina berkunjung ke Bali. Penelitian ini dilakukan di Bali melibatkan 80 orang responden yang merupakan wisatawan Cina yang sedang berkunjung ke Bali dengan metode non probability sampling. Data dikumpulkan dengan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis ditemukan lima faktor yang mempengaruhi wisatawan Cina berkunjung ke Bali, lima faktor tersebut menjelaskan semua varian yang ada didalam data yaitu sebesar 62.049 persen. Kelima faktor tersebut antara lain proses (yang terdiri dari variabel harga, fasilitas fisik, promosi, distribusi, orang dan produk), gaya hidup (yang terdiri dari variabel usia, pekerjaan dan pendapatan), teman (yang terdiri dari variabel kelompok, keluarga, dan status sosial), budaya (yang terdiri dari variabel kelas sosial dan subbudaya) dan motivasi (yang terdiri dari variabel persepsi), motivasi merupakan variabel yang paling dominan.
Kata kunci: bauran pemasaran jasa, budaya, wisatawan cina
Tujuan penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan Cina berkunjung ke Bali. Penelitian ini dilakukan di Bali melibatkan 80 orang responden yang merupakan wisatawan Cina yang sedang berkunjung ke Bali dengan metode non probability sampling. Data dikumpulkan dengan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis ditemukan lima faktor yang mempengaruhi wisatawan Cina berkunjung ke Bali, lima faktor tersebut menjelaskan semua varian yang ada didalam data yaitu sebesar 62.049 persen. Kelima faktor tersebut antara lain proses (yang terdiri dari variabel harga, fasilitas fisik, promosi, distribusi, orang dan produk), gaya hidup (yang terdiri dari variabel usia, pekerjaan dan pendapatan), teman (yang terdiri dari variabel kelompok, keluarga, dan status sosial), budaya (yang terdiri dari variabel kelas sosial dan subbudaya) dan motivasi (yang terdiri dari variabel persepsi), motivasi merupakan variabel yang paling dominan.
Kata kunci: bauran pemasaran jasa, budaya, wisatawan cina