PERAN KREDIBILITAS MEREK MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP EKUITAS MEREK

  • A.A. Sagung Dewi Pratiwi Universitas Udayana
  • I Gst. A. Kt. Gd. Suasana Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kredibilitas endorser terhadap kredibilitas merek, pengaruh kredibilitas endorser terhadap ekuitas merek, pengaruh kredibilitas merek terhadap ekuitas merek, dan peran kredibilitas merek memediasi pengaruh kredibilitas endorser terhadap ekuitas merek pengguna IM3 di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Denpasar dengan menggunakan 170 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa kredibilitas endorser, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas merek, kredibilitas endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek, kredibilitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek, dan kredibilitas merek berperan sebagai mediasi parsial pengaruh antara kredibilitas endorser dan ekuitas merek. Provider IM3 perlu memperhatikan jaringan/signal yang kuat, agar sesuai dengan harapan konsumen. Selain itu,  provider IM3 perlu meningkatkan kredibilitas endorser yang positif agar provider IM3  mampu menciptakan ekuitas merek  yang lebih baik kepada konsumen.


 


Kata kunci: kredibilitas merek, kredibilitas endorser, ekuitas merek

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-03
How to Cite
PRATIWI, A.A. Sagung Dewi; SUASANA, I Gst. A. Kt. Gd.. PERAN KREDIBILITAS MEREK MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP EKUITAS MEREK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 352 - 379, jan. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/41725>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i01.p13.
Section
Articles