PERAN KREDIBILITAS MEREK MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP EKUITAS MEREK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kredibilitas endorser terhadap kredibilitas merek, pengaruh kredibilitas endorser terhadap ekuitas merek, pengaruh kredibilitas merek terhadap ekuitas merek, dan peran kredibilitas merek memediasi pengaruh kredibilitas endorser terhadap ekuitas merek pengguna IM3 di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Denpasar dengan menggunakan 170 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa kredibilitas endorser, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas merek, kredibilitas endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek, kredibilitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek, dan kredibilitas merek berperan sebagai mediasi parsial pengaruh antara kredibilitas endorser dan ekuitas merek. Provider IM3 perlu memperhatikan jaringan/signal yang kuat, agar sesuai dengan harapan konsumen. Selain itu, provider IM3 perlu meningkatkan kredibilitas endorser yang positif agar provider IM3 mampu menciptakan ekuitas merek yang lebih baik kepada konsumen.
Kata kunci: kredibilitas merek, kredibilitas endorser, ekuitas merek