KEBUTUHAN MENCARI VARIASI MEMODERASI PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE SAMSUNG TERHADAP NIAT BERPINDAH MEREK DI DENPASAR

  • Rizki Rachmad Dwinanto Student
  • I Gst. A. Kt. Gd. Suasana Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p12

Abstrak

Pengguna smartphone saat ini kian berkembang pesat. Pengguna smartphone di Indonesia sangat beragam, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, serta tidak ada batasan gender dan pekerjaan. Di Indonesia smartphone merek Samsung sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, Samsung masih mengkokohkan posisinya di peringkat pertama pangsa pasar smartphone di Indonesia.  Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat berpindah merek, serta peran kebutuhan mencari variasi memoderasi pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat berpindah merek pada pengguna produk smartphone merek Samsung di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan menggunakan 140 responden yang merupakan pengguna produk smartphone merek Samsung, dan dilakukan di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa Moderated Regression Analysis. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kepuasan pelanggan berpengaruh negatif signifikan terhadap niat berpindah merek. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa kebutuhan mencari variasi mampu memperlemah pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat berpindah merek. Implikasi penelitian ini adalah sebagai tambahan referensi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan niat berpindah merek. Disisi lain implikasi praktis penelitian ini adalah sebagai tambahan informasi bagi perusahaan Samsung agar selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan variasi dari konsumen.


 


Kata kunci: Kepuasaan Pelanggan, Kebutuhan Mencari Variasi, Niat Berpindah Merek.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-11-03
##submission.howToCite##
DWINANTO, Rizki Rachmad; SUASANA, I Gst. A. Kt. Gd.. KEBUTUHAN MENCARI VARIASI MEMODERASI PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE SAMSUNG TERHADAP NIAT BERPINDAH MEREK DI DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 11, p. 6129 - 6155, nov. 2018. ISSN 2302-8912. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/40499>. Tanggal Akses: 15 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p12.
Bagian
Articles