PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN WOM PASIEN DI RSU PRIMA MEDIKA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan dan word of mouth pada pasien rawat jalan di RSU Prima Medika. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan ukuran sampel sebesar 100 orang dengan metode non-probability berbentuk purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner di RSU Prima Medika Denpasar dengan menggunakan sebanyak 19 indikator dan indikato-indikator tersebut diukur dengan menggunakan skala Likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis) dan disertai dengan uji asumsi klasik.Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan dan persepsi harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu kualitas pelayanan, persepsi harga dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikanterhadap word of mouth.
Kata kunci:Kualitas Pelayanan,Persepsi Harga, Kepuasan Pelanggan, Word Of Mouth