PENGARUH ATMOSFER RITEL DAN PROMOSI TERHADAP IMPULSE BUYING YANG DIMEDIASI EMOSI POSITIF
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh atmosfer ritel, dan promosi terhadap emosi positif, pengaruh atmosfer ritel, promosi, dan emosi positif terhadap impulse buying, peran emosi positif sebagai pemediasi atas hubungan antara atmosfer ritel dan promosi terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Carrefour Denpasar. Populasinya adalah seluruh konsumen yang pemah berbelanja dan melakukan Impulse Buying di Hypermarket Carrefour Denpasar. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapat jumlah sampel 112 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial atmosfer ritel, dan promosi berpengaruh positif terhadap emosi positif. Secara parsial atmosfer ritel, promosi, dan emosi positif berpengaruh positif terhadap impulse buying. Emosi positif memediasi hubungan antara atmosfer ritel dan promosi terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Carrefour Denpasar.
Kata Kunci: Atmosfer Ritel, Promosi, Emosi Positif, Impulse Buying