PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, UKURAN PERUSAHAAN, DAN JENIS INDUSTRI TERHADAP UNDERPRICING SAAT IPO DI BEI

  • I Putu Eddy Pratama Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Luh Komang Sudjarni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Underpricing ialah harga saham perdana dibawah harga pasar atau harga saham pada pasar sekunder lebih tinggi daripada harga saham pada pasar perdana dimana investor tertarik untuk membeli. Underpricing dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan jenis industri dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan jenis industri terhadap underpricing saat IPO di BEI. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 61 perusahaan dan dikumpulkan melalui metode non probability sampling, yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, reputasi underwriter dan ukuran berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing, sedangkan jenis industri tidak berpengaruh terhadap underpricing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi reputasi underwriter dan ukuran perusahaan, maka underpricing pada perusahaan menjadi rendah. Berbeda dengan jenis industri yang tidak memiliki pengaruh terhadap underpricing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-31
How to Cite
PUTRA, I Putu Eddy Pratama; SUDJARNI, Luh Komang. PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, UKURAN PERUSAHAAN, DAN JENIS INDUSTRI TERHADAP UNDERPRICING SAAT IPO DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 492 - 520, jan. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/27787>. Date accessed: 05 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Underpricing; Reputasi Underwriter; Ukuran Perusahaan