PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA

  • Yenny Pratiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Made Wardana

Abstract

Berwirausaha merupakan tindakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja. Agar mahasiswa memiliki minat berwirausaha yang tinggi, maka faktor-faktor internal seperti toleransi terhadap risiko, keberhasilan diri, dan kebebasan dalam bekerja serta faktor eksternal lingkungan keluarga harus diperhatikan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Ukuran sampel yang digunakan adalah sebanyak 100  mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan, dengan probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis toleransi terhadap risiko, keberhasilan diri, kebebasan dalam bekerja, dan lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Untuk menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa yang tinggi maka toleransi terhadap risiko, kebebasan dalam bekerja, keberhasilan diri, dan lingkungan keluarga ditingkatkan melalui pengarahan dari pihak Fakultas Ekonomi dan Binsis Unversitas Udayana mengenai pembelajaran diri dan rasa untuk selaku mengambil kesempatan-kesempatan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-03
How to Cite
PRATIWI, Yenny; WARDANA, I Made. PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 8, aug. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/22691>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

toleransi akan risko, keberhasilan diri, kebebasan dalam bekerja,mlingkungan keluarga, minat berwirausaha.