PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMEDIASI

  • Cindy Maharani Putri Universitas Udayana
  • Ni Luh Putu Wiagustini Universitas Udayana

Abstract

Perusahaan sektor industri barang konsumsi merupakan perusahaan yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi karena produk yang dihasilkan digunakan sehari-hari oleh masyarakat. Nilai perusahaan mencerminkan kinerja dan prospek perusahaan di mata investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemediasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel penelitian diperoleh melalui metode sensus, yaitu seluruh 62 perusahaan yang diamati selama periode 2021–2023, sehingga diperoleh total pengamatan yaitu 186 data pengamatan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan serta profitabilitas. Sebaliknya, ukuran perusahaan tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap profitabilitas maupun nilai perusahaan. Profitabilitas terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, profitabilitas mampu memediasi hubungan antara leverage dan nilai perusahaan, tetapi tidak mampu memediasi hubungan antara ukuran perusahaan dan nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa profitabilitas memiliki peran penting dalam meningkatkan nilai perusahaan, terutama dalam konteks struktur modal yang digunakan oleh perusahaan.


 


Consumer goods industry companies play an important role in economic growth, as the products they produce are used daily by the public. Firm value reflects a company's performance and prospects in the eyes of investors. This study aims to analyze the influence of leverage and firm size on firm value, with profitability as a mediating variable. The research was conducted on consumer goods industry companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The sample was obtained using a census method, involving all 62 companies observed over the 2021–2023 period, resulting in a total of 186 observations. The method used is a quantitative approach with path analysis techniques. The results show that leverage has a positive and significant effect on both firm value and profitability. Conversely, firm size does not have a significant effect on profitability or firm value. Profitability has proven to have a positive and significant effect on firm value. Moreover, profitability can mediate the relationship between leverage and firm value, but not the relationship between firm size and firm value. These findings indicate that profitability plays an important role in increasing firm value, particularly in the context of a company’s capital structure.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityaputra, S. A., & Perdana, D. (2024). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(1), 472–488. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1404
Akram, T., Farooq, M. U., Akram, H., Ahad, A., & Numan, M. (2021). The Impact of Firm Size on Profitability –A Study on the Top 10 Cement Companies of Pakistan. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 14-24.
Amalia, W. R., Purwohandoko, & Hartono, U. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Firm Size dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Properties and Real Estate yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021. Jurnal Ilmiah Manajemen.
Banani, A., Dewi, R., & Sulistyandari. (2021). The Effect of Leverage, Liquidity, Profitability, Firm’s Growth, Firm’s Size, and Dividend Policy toward Firm Value (Study at Manufacture Companies Listed on Indonesia Stock Exchange Period 2014-2017). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi.
Bolarinwa, S. T., & Obembe, O. B. (2019). Firm size–profitability nexus: an empirical evidence from Nigerian listed financial firms. Global Business Review, 20(5), 1109-1121.
Christiaan, P. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi). AkMen Jurnal Ilmiah.
Damara, D., Irianto, B. S., & Farida, Y. N. (2024, October). Profitability Mediate the Influence of CSR and Company Size on Company Value. In International Student Conference on Accounting and Business (Vol. 3).
Dewi, K. Y., & Rahyuda, H. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1252. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p02
Dewi, N. L. P. S. U., & Sudiartha, I. G. M. (2019). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap return saham pada perusahaan food and beverage (Doctoral dissertation, Udayana University).
Febrianti, R., & Basri, H. (2022). The Effect Of Cash Turnover, Sales Growth And Leverage On Profitability. Jurnal Ekonomi, 11(03). http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi
Hamidah, U. P., Sundarta, I., & Syukur, D. A. (2023). The Effect of Company Size, Company Growth, Leverage and Profitability on Firm Value (Empirical Study of Manufacturing Companies in the Consumer Goods Industry Sector Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2020-2022). Jurnal HARMONI, 2(1). https://doi.org/10.32832/Introduction
Hartanti, R., Yulandani, F., & Riandi, M. R. (2019). The effect of profitability, capital structure, and implementation of corporate governance on Company Value. Jurnal Akuntansi Trisakti, 6(1), 83-98.
Hasangapon, M., Iskandar, D., Purnama, E. D., & Tampubolon, L. D. (2021). The effect of firm size and total assets turnover (Tato) on firm value mediated by profitability in wholesale and retail sector companies. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 19(3), 49-63.
Helfiardi, R. D., & Suhartini, S. (2021). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Barang Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2020. Akuntabel.
Ibrahim, U. A., & Isiaka, A. (2020). Effect of financial leverage on firm value: Evidence from selected firms quoted on the Nigerian stock exchange. European Journal of Business and Management, 12(3), 124-135.
Jihadi, M., Vilantika, E., Hashemi, S. M., Arifin, Z., Bachtiar, Y., & Sholichah, F. (2021). The effect of liquidity, leverage, and profitability on firm value: Empirical evidence from Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 423-431.
Julietha, R., & Natsir, D. K. (2021). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Firm Size, Dan. In Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan: Vol. III (Issue 2). www.idx.co.id
Kurniawan, A., & Widyawati, D. (2024). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 13(1).
Kurniawati, Y., Hermanto, S. B., & Suryono, B. (2021). The Influence of Social Responsibility and Leverage on Company Value with Profitability as Mediator. Dudapest International Research and Crities Institute-Ournal (BIRCI-Journal), 4(3), 4753-4765.
Kurrahmaniah, M., Rizal, N., & Murniati, W. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Journal of Accounting.
Kusuma, R. A., & Rahyuda, H. (2022). Pengaruh Modal Intelektual dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(7), 1397. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i07.p07
Lamba, A. B., & Atahau, A. D. R. (2022). Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimediasi Profitabilitas. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 16–31. https://doi.org/10.18196/rabin.v6i1.12698
Markonah, M., Salim, A., & Franciska, J. (2020). Effect of profitability, leverage, and liquidity to the firm value. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(1), 83-94.
Naca, P.-A., & Silvana, E. G. (2021). Analysis of The Influence Of Firm Size, Liquidity, Leverage And Profitability On Firm Value Consumer Goods Industry On Stock Exchange Indoonesia (IDX). In Journal of Management Science (JMAS) (Vol. 4, Issue 4). https://exsys.iocspublisher.org/index.php/JMAS
Nadhilah, F., Widjaja, H. S., & Kaban, R. F. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Gorontalo Accounting Journal, 5(2), 174. https://doi.org/10.32662/gaj.v5i2.2165
Natsir, K., & Yusbardini, Y. (2020, June). The effect of capital structure and firm size on firm value through profitability as intervening variable. In 8th International Conference of Entrepreneurship and Business Management Untar (ICEBM 2019) (pp. 218-224). Atlantis Press.
Nursetya, R. P., & Hidayati, L. N. (2020). How does firm size and capital structure affect firm value?. Journal of management and entrepreneurship research, 1(2), 67-76.
Novia, A., & Anom, P. I. B. (2019). The role of profitability in mediating the effect of leverage, corporate size, and good corporate governance on company values in manufacturing companies of Indonesia Stock Exchange. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 89(5), 157-168.
Octaviany, A., Hidayat, S., & Miftahudin. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1). https://ejurnal.stimi-bjm.ac.id
Reyno Elia, R., Sufyati, H. S., & Lestari, E. P. (2022). Influence Factors of Company Value in Technology Sector. Business and Economics Research (IJEBER), 2(3), 102–124.
Suardhika, I., Hidayati, S., & Tara, N. (2024). The role of profitability in mediating the influence of funding decisions, investment decisions and company size on company value. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5, 1814-1827.
Sugosha, M. J., & Artini, L. G. S. (2020). The role of profitability in mediating company ownership structure and size of firm value in the pharmaceutical industry on the Indonesia stock exchange. International research journal of management, IT and social sciences, 7(1), 104-115.
Susesti, D. A., & Wahyuningtyas, E. T. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Accounting and Management Journal.
Wahyudi, S. M. (2020). Effect Of Leverage, Profitability, Sales Growth Toward Company Values. www.Kompas.com,
Wiagustini, N. L. P. (2014). Manajemen Keuangan. Pertama. Universitas Udayana.
Yoewono, H. (2023). The Influence of Company Size, Leverage, Profitability and Liquidity on Company Value (Study of Consumer Goods Industry Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange in Period 2018-2020). International Journal of The Newest Social and Management Research (INSOMA).
Yosita, A., Syaipudin, U., & Amelia, Y. (2022). The Effect of Intellectual Capital, Size, Leverage, and Liquidity on Company Value in Manufacturing Companies Listed on Indonesia Stock Exchange. Asian Journal of Economics and Business Management, 1(3), 173–179. https://doi.org/10.53402/ajebm.v1i3.184
Yudha, A. M., Putra, R. B., & Fitri, H. (2022). Analisis Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Perusahaan,Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Journal of Innovation Research and Knowledge.
Yulimtinan, Z., & Atiningsih, S. (2021). Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(1), 69–82. http://jurnal.um-palembang.ac.id/balance
Zakiah, Mawardi, W., & Hasanatina, F. H. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2021). Journal of Management Diponegoro.
Published
2025-04-30
How to Cite
PUTRI, Cindy Maharani; WIAGUSTINI, Ni Luh Putu. PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMEDIASI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 14, n. 4, p. 219 - 234, apr. 2025. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/125841>. Date accessed: 02 may 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2025.v14.i4.p02.
Section
Articles