PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Ni Wayan Shella Jaya Anggraini Universitas Udayana
  • I Gst. A. Kt. Gd. Suasana Universitas Udayana

Abstract

Saat ini bisnis ritel yang mengalami perkembangan pesat yaitu minimarket. Persaingan bisnis ritel di Bali salah satunya yaitu Toko Ceria yang terletak di Kabupaten Tabanan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran brand image memediasi pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Toko Ceria yang bertempat tinggal di Kabupaten Tabanan. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 120 responden, menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,  brand image memediasi secara parsial pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian Toko Ceria, dan brand image memediasi secara parsial pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian Toko Ceria. Implikasi dalam penelitian ini yaitu memperkaya bukti empiris peran brand image memediasi pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian Toko Ceria di Tabanan serta dapat menjadi masukan bagi Toko Ceria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, F.N., Mursito, B., & Widayanti, R. (2019). Analisis Citra Merek, Periklanan, Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Uniba Surakarta. Edunomika, 3(2), 462-469.
Anam, M.S., Nadila, D.L., Anindita. T.A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Jesya: Jurnal ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(1), 120-136.
Anwar, R.N & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Commerce Shopee. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1370-1379.
Aprianti, W., & Tjiptodjojo. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Word of mouth dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlet Whitening. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 1275-1282.
Chandra, D.S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi, dan Interaksi Pelanggan Terhadap Brand Image. Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 2(2).
Dairina, L & Sanjaya, V.F. (2022). Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Produk Sepatu Merek (Converse). Jurnal Ekonomi Islam, 7(1). 118-134.
Desideria, V., & Wardana, I.M. (2020). The Role of Brand image Mediates the Effect of Promotion on Purchasing Decision. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(2), pp 192-200.
Dewi, N.N.K.A., & Warmika, I.G.K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Word of mouth, dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Udayana, 6(10), 5580-5606.
Ependi. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Pesan Iklan, dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Marina. Jurnal Bina Manajemen, 12(1), hal 393-411.
Fauziah, Y., Sumayanto, F.D.S., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 1(1), 48-64
Halim, N.R., & Iskandar, D.A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 4(3), 415-424.
Harris, L. C., Kotler, P., Armstrong, G., & He, H. (2020). Principles of marketing.
Hendriyanto., Hatta, I.H., & Ateniyanti. (2023). Analisis Kualitas Produk dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand image Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Pengguna Sepatu Ventela di Wilayah Cilandak, Jakarta Selatan). JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila. 3(2), hal 147-156
Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A.F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. 4(2), hal 127-143
Kawilarang, C.G., Tumbuan, W.JFA., & Loindong, S.S.R. (2022). Analisis Pengaruh Celebirty Endorsement, Beauty Vlogger dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal Somethinc. Jurnal EMBA: Jurnal Riset, Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4).
Kolinug, M.S., Mananeke.L., & Tampenawas. J.L.A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 101-111
Larasati, N.R., & Chasanah, A.N. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas, Word of Mouth, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie. JMDB: Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis, 1(1), hal 51-60
Martini, A.N., Feriyansyah. A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Pembelian Hnadphone Opoo di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 44-53.
Murdana, P.A., & Suasana, I.G.A.K.G. (2020). The Role of Brand image Mediates the Effect of Word of mouth on Purchase Decisions at ErimarebangunStores. American Journal of Humanities and Sosial Science Research (AJHSSR). 4(11), 74-83
Muslimin, Hamzah., Semmalia, B., & Arfah, A. (2022). Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pisang Goreng Nugger di Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 5(1), 170-176.
Oktapiani, K., & Telagawathi, N.L.W.S. (2023). Peran Brand image Memediasi Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome di Datel Singajara. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 72-79.
Pramesti, I.A.C., & Rahanatha, G.B. (2019). Peran Brand image Memediasi Pengaruh Word of mouth (WOM) Terhadap Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 7073-7101.
Puspasari, M., Afriliana, N., & Oktariani. (2023). Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image, dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(1), 60-67.
Putera, I.W.A.G., & Warmika, I.G.K. (2020). The Role of Brand image Mediates the Effect of Electronic Word of mouth on NMAX Purchase Intention in Tabanan City. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(3), 97-105.
Qumariah, N. (2020). Pengaruh Word of mouth dan Brand Imge Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Running Korean Street Food di Mall Plaza Mulia Samarinda. E-Journal Administrasi Bisnis, 8(1), 35-45.
Rihayana, I.G., Salain, P.P.P., Rimawan, P.A.E., & Antari, N.K.M. (2021). The Influence of Brand Image, And Product Quality on Purchase Decision. International Journal of Business Management and Economic Review, 4(06), pp. 342-350
Riyanto, K., & Andiyani, Y. (2022). The Effect of Brand Image, Brand Trust, And Promotion on Consumer Loyalty. International Journal of Economics, Social Science, Entrepreneurship and Technology (IJESET), 1(3), pp 201-208.
Ruhamak, M.D., & Rahayu, B. (2016). Pengaruh Word of mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadari, 1(2), 188-204.
Sanjiwani, N.M.D., & Suasana, I.G.A.K.G. (2019). Peran Brand image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6721-6740.
Saputra, G.W., & Ardani, I.G.A.K.S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2596-2620.
Setiadi, I.G.N.B.H.M & Ekawati, N.W. (2019). Brand image Memediasi Kualitas Produk Terhadap Smartphone Oppo di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 7102-7131.
Setiawan, C.K., & Yosepha, S.Y. (2020). Pengaruh Green Marketing dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Produk the Boy Shop Indonesia (Studi Kasus pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo). Jurnal Ilmiah M-Progress. 10(1).
Solimun. (2011). Analisis Variabel Moderasi dan Mediasi. Program Studi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya. Malang.
Sudarmin. (2023). Pengaruh Word of mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(3), hal 723-729.
Suharyono & Ridho, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand image dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Pelanggan Kartu Prabayar Simpati. Jurnal Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Suryantari, N.L.P.P & Respati, N.N.R. (2022). Peran Brand image Dalam Memediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Dengan Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 11(1), hal 127-149.
Tarigan, A.E.F., Wijayanto, G., & Widyatsari, A. (2023). Pengaruh WOM, Kualitas Produk, Harga Terhadap Brand image Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smarthphone Merk Xiaomi di Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 9(1), 72-78.
Utari, N.K.M., & Sukawati, T.G.R. (2023). Peran Brand image Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian the Body Shop di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 12(3), hal 460-470.
Wardana, I.M. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis Suatu Pendekatan Praktis Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi. CV Setia Bakti: Denpasar Timur.
Wibowo, E & Setyaningsih. (2021). Pengaruh Word of mouth Terhadap Purchase Intention Dengan Brand image Sebagai Variabel Mediasi (Survey Pada Konsumen Mie Gacoan Surakarta). ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 1(1), 97-105.
Published
2024-08-31
How to Cite
ANGGRAINI, Ni Wayan Shella Jaya; SUASANA, I Gst. A. Kt. Gd.. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 8, p. 1357 - 1371, aug. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/116300>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i08.p07.
Section
Articles