PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION

  • Ni Komang Rista Widyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali
  • Ni Made Rastini Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni menganalisis pengaruh E-WOM terhadap brand image dan purchase intention, serta menjelaskan pengaruh brand image terhadap purchase intention dan peran brand image dalam memediasi pengaruh E-WOM terhadap purchase intention krim pemutih kulit wajah merek Olay. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari brand Olay yang berencana melakukan pembelian produk krim pemutih merek Olay di Kota Denpasar. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini yakni analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian didapatkan hasil e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan purchase intention, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, brand image dapat memediasi pengaruh e-WOM terhadap purchase intention pada krim pemutih Olay secara positif dan signifikan. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini memberikan bukti pada pengembangan ilmu manajeman pemasaran khususnya mengenai electronic word of mouth (e-WOM), brand image, dan purchase intention yang mampu untuk membuktikan secara empiris teori perilaku konsumen. Secara praktis penelitian ini memberikan implikasi kepada pihak manajemen produk krim pemutih kulit wajah merek Olay dalam merumuskan kebijakan serta mengambil keputusan pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggelina, J., & Japarianto, E. (2014). Analisis Pengaruh Sikap, Subjective Norm dan Perceived Behavioral Control Terhadap Purchase intention Pelanggan SOGO Department Store di Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol. 2, No. 1, 1-7.
Abdallah Q. Bataineh (2015). The Impact of Perceived e-WOM on Purchase intention: The Mediating Role of Corporate Image. Canadian Center of Science and Education.
Abd-Elaziz, M., Aziz, M. W., Khalifa, S. A. G., & Ma’youf, Abdel Aleem, M. (2015). Determinants of Electronic word of mouth (E-WOM) influence on hotel customers’ purchasing decision. Journal of Faculty of Tourism and Hotels, Fayoum University, 9(2), 194–223.
Ambarwati M., 2015. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 25 (1).
Abdul Samad dan Imam Wibowo, 2016, Pengaruh Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi, Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayan, Vol.4 No.3.
Anggitasari, A. M dan Wijaya, Tony (2016). Pengaruh e-WOM Terhadap Brand image dan Brand Trust, Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk Smartphone Iphone. Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 5(3).
Aldaan Faikar Annafik, Mudji Rahardjo, 2012, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha, Jurnal Manajemen Diponegoro Volume 1, Nomor 2 Tahun 2012, Halaman 274-281.
Ardana Y.A. dan Rastini N.M., 2018. Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Ewom Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7 (11).
Anang Firmansyah. 2018. Pengantar Manajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish.
Ayu Indra Dewi dan I. Gusti Agung Ketut Sri Ardani, 2018. Peran Brand image Memediasi Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase intention (Studi Pada Produk Mie Samyang Hot Spicy Chicken Di Kota Denpasar). E-jurnal Manajemen Unud, Vol. 7 (4), hal 1771-1801.
Athapaththu, J. and Kulathunga, K. (2018) Factors Affecting Online Purchase intention: A Study of Sri Lankan Online Customers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7, 120-128.
Alit S.I.K., dan Suparna G., 2019. Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif terhadap Niat Beli Produk Sepatu League. Jurnal Manajemen Unud, 8(6).
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 39–50.
Bayu D.P.I.B., 2019. Pengaruh Brand Equity Terhadap Niat Beli Konsumen Dimediasi Brand Preference. Jurnal Manajemen Unud, 8 (5).
Clow, Kenneth E and Donald Baack, 2018. Integrated advertising, promotion, and marketing communications. United Kingdom : Pearson.
Cahyono, Krido Eko., dan Kemaz Abdul Gaffar Aziz. 2016. Pengaruh e-WOM Pada Citra Merek Dan Niat Pembelian (Studi : Mitshubishi Pajero Sport). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Vol. 1 No. 2
Darmawan R. dan Nurcaya I.N., 2018. Membangun Niat Beli Iphone Melalui Ewom Dan Brand image. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.7(9), hal 5169-5196.
Demante K. dan Dwiyanto B.M., 2019. Analisis Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Brand image Dan Perceived Quality Serta Dampaknya Pada Purchase intention (Studi Pada Lipstick Sariayu Martha Tilaar Di Kota Denpasar), Vol. 8 (4), hal 97-105.
Dewani N.P.R.G. dan Rastini N.M., 2021. Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Ewom Terhadap Niat Konsumen Menggunakan Gopay di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 10(2), hal 105-124.
Eriza Z.N., 2017. Peran Mediasi Citra Merek dan Persepsi Risiko pada Hubungan antara Electronic word of mouth (E-WOM) dan Minat Beli (Studi pada Konsumen Kosmetik E-Commerce di Solo Raya). Jurnal Magister Manajemen Universitas Sebelas Maret Surakarta, 9 (1).
Gadhafi, Mohamad. (2015). Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Niat Pembelian Yang Dimediasi Oleh Brand image Pada Produk Laptop Acer Di Surabaya. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamidun M.A., 2018. Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image (studi pada followers akun Instagram @ouvalresearch).
Hartanto R.,2019. Brand and Personal Branding. Bekasi :Denokan Pustaka.
Iswara, I Gede Agus Dana dan I Made Jatra. 2017. Peran Brand image dalam Memediasi Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Purchase intention (Studi Kasus Pada Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar). E-Jurnal manajemen Unud, 8 (6), hal.3991-4018.
Jalilvand, M.R. 2012. The Effect of Electronic Word-of-Mouth on Brand image and Purchase intention. Journal of Marketing Inteligence and Planning. 30(4):1-11.
Jimenez, F.R & Mendoza, N. A. (2013). Too popular to ignore: The influence of online reviews on purchase intentions of search and experience products. Journal of Interactive Marketing, 27(3), 226-235.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th Edition. New Jersey : Pretince Hall.
Kotler, dan Keller. (2016). Marketing Management, 15th. Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Krisnawati N.W. dan Warmika I.G.K., 2020. Peran Brand image Dalam Memediasi Pengaruh Ewom Terhadap Niat Konsumen Menggunakan Ovo Mobile Payment. E-Jurnal manajemen unud, Vol. 9(1), hal 79-98.
Pedersen, Signe Tegtmeier; Razmerita, Liana; Colleoni, Elanor. 2014. Electronic Word-of-Mouth Communication and Consumer Behaviour-An Exploratory Study of Danish Social Media Communication Influence. Journal- Language for Special Purposes, Professional Communication, Knowledge Management and Cognition, 5(1),112–131.
Putra A.A.G.A.R. dan Aksari N.M.A., 2018. Peran Brand image Dalam Memediasi Pengaruh Harga Terhadap Niat Pembelian (Studi Pada Produk Iphone Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7(12), hal 6591-6621.
Putri S.R., dan Amalia R., 2018. Pengaruh Ewom Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee.Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol. 3 (2), hal 75-84.
Purwianti L., 2021. Pengaruh Religiostik, Ewom, Brand image Dan Attitude Terhadap Purchase intention. Jurnal Ecocemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, Vol. 5 (1).
R. A. Kusuma dan Y. Sugiarto Ph. 2014. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Ekuitas Merek Melalui Loyalitas Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Diponegoro, 3 (4).
Rahyuda, Ketut. 2017. “Metode Penelitian Bisnis.” Denpasar: Udayana University Press.
Rahardian M., Kusumawati A., dan Irawan A., 2019. Pengaruh tagline iklan dan celebrity endorser terhadap brand awareness dan minat beli (Survei pada mahasiswa program sarjana pengguna smartphone Oppo F3 Plus di Universitas Brawijaya), E-Jurnal Administrasi Bisnis, 75(1).
Ruhamak, M.D., dan Rahayu, B. 2019. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase intention melalui Brand image pada Lembaga Kursus Bahasa Arab di Kota Pare-Kediri. Jurnal Ekonomi Syariah, 7 (1), hal.165-182.
Sotiriadis, M.D. and Van Zyl, C. (2013) Electronic Word-of-Mouth and Online Reviews in Tourism Services: The Use of Twitter by Tourists. Electronic Commerce Research, 13, 103-124,
Semuel, H., dan Lianto, A. S. 2014. Analisis e-WOM, brand image, brand trust dan minat beli produk smartphone di surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2):47-54.
Sangadji,Sopiah. (2014). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis, . Yogyakarta: Andi Publisher.
Shahrinaz Irwan, Kasuma Jati, Yacob Yusman, Rahman Dayang Hummida Abang Abdul , Mahdi Ahmad Faisal. 2016. “Relationship in Impact of e- WOM and Brand image Towards Purchase intention of Smarthphone”. Jurnal Scientific Research and Development vol3(5): Pp 117-124.
Sudirman, M. N. (2018). “Pengaruh Online Review YouTubeTerhadap Minat Beli Mobil Toyota Rush 2018 dengan Dimediasi Sikap Konsumen”. Cakrawala Management Business Journal, 2(1), 1–13.
Torlak, O., Ozkara, B., Tiltay, M., Cengiz, H. and Dulger, M. 2014. The Effect of Electronic word of mouth on Brand image and Purchase intention: An Application Concerning Cell Phone Brands for Youth Consumers in Turkey. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 8 (2), pp: 61-68.
Tariq M., Abbas T., Abrar., and Iqbal A., 2017. E-WOM and brand awareness impact on consumer purchase intention: mediating role of brand image. Pakistan Administrative Review, 1(1), 84-102.
Wahyuni N.L.G., dan Suparna G., 2014. Pengaruh brand image dan product knowledge terhadap purchase intention produk tas tiruan di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol 3 (4).
Published
2024-08-31
How to Cite
WIDYANTI, Ni Komang Rista; RASTINI, Ni Made. PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 8, p. 1244 - 1267, aug. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/105916>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i08.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>