PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP NIAT BELI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan langsung antara variabel daya tarik iklan terhadap niat beli, daya tarik iklan terhadap citra merek, citra merek terhadap niat beli, dan peran citra merek dalam memediasi pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli Mitsubishi Xpander. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Ukuran sampel yang ditentukan sebesar 100 sampel menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, uji asumsi klasik, uji sobel, dan uji VAF. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Citra merek secara signifikan memediasi parsial pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli. Penelitian ini memberikan bukti dan menjadi tambahan referensi studi empiris terkait manajemen pemasaran dan dapat menjadikan pertimbangan dan masukan bagi manajemen dalam penggunaan daya tarik iklan untuk meningkatkan citra merek dan niat beli.
Kata kunci: Citra Merek; Daya Tarik Iklan; Niat Beli
Downloads
References
Akbari, M. (2015) “Different Impacts Of Advertising Appeals On Advertising Attitude For High And Low Involvement Products,” Global Business Review, 16(3), pp. 478–493. doi: 10.1177/0972150915569936.
Anggi, V. F. (2016) Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Selebriti Endorser Pada Promo Adaaqua Terhadap Minat Beli Amdk Merek Aqua Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 di Jawa Tengah dan DIY). Diponegoro Journal of Management. Tersedia di: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14683/14207.
Ardiansyah, L., Arifin, Z. and Fanani (2015) “Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan (Survei Terhadap Iklan Honda Versi Band Nidji ‘One Heart’). Jurnal Administrasi Bisnis. https://media.neliti.com/media/publications/71640 ID-pengaruh-daya-tarik-iklan-terhadap-efekt.pdf
Arslan, M. and Zaman, R. (2014) “Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan,” Research on Humanities and Social Sciences, 4(22).
Aryadhe, T., Suryani, A. and Sudiksa, I. B. (2018) “Pengaruh Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Dan Keputusan Pembelian,” E-Jurnal Manajemen, 7(3), Hal. 1452. doi: 10.24843/ejmunud.2018.v7.i03.p12.
Azhar and Widyastuti (2014) “The Journal of Universitas Negeri Surabaya,” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(4). Tersedia di: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/10213.
Berlinasari, M. and Erawati (2017) “Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAK,” E- Jurnal Akuntansi, 21(1), Hal. 447–476. Tersedia di: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/29588.
Candra, B. F. and Suparna, G. (2019) “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Niat Beli,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), Hal. 6638–6657. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p13.
Chofiyatun (2018) “Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Stie Putra Bangsa Kebumen),” http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/.
Darmajaya, I. B. D. and Sukawati, T. G. R. (2018) “Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian,” E-Jurnal Manajemen, Hal. 6391–6419. doi: 10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p01.
Dewi, R. (2021) “Pengaruh Daya Tarik dan Keuatan Iklan Terhadap Minat Beli Di Kota Makassar,” AkMen, 18(2), Hal. 209–218. Tersedia di: https://e- jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/1839.
Ernawati, N. (2021) “Stimulus Iklan, Positive Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Belanja Impulsif: Dampak Mediasi Motif Hedonis Pembelanja Online,” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), Hal. 346–360. doi: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.188.
Fadhillah and Rosita (2014) “Pengaruh Brand Personality terhadap Purchase Intention dengan Brand Trust sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Produk Running Shoes Merek Nike),” Jurnal Ilmah Mahasiswa FEB, 4(1). Tersedia di: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2340/2130.
Farhanah, N. and Haryanto, B. (2022) “The positive role of attitude toward of vendor in mediating the relationship between vendor cognition and advertise cognition on vendor usage intention,” Journal of Economics and Business Quarterly Review, 5(3). doi: 10.31014/aior.1992.05.03.446.
Fransiska, P. and Seminari, N. K. (2018) “Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Honda PCX 150,” E-Jurnal Manajemen, 7(7), Hal. 3797–3826. doi: 10.24843/ejmunud.2018.v07.i07.p13.
Fransiska and Zihad (2020) “Citra Merek Terhadap Keputusan Memilih Biro Perjalanan Umrah,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (JEBI), 7(2), Hal. 94–101. doi: 10.15548/jebi.v7i2.421.
Gunawan, G. N. A. and Sukaatmadja, I. P. G. (2018) “Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Country Of Origin Terhadap Niat Beli,” E-Jurnal Manajemen, 7(12), Hal. 6445. doi: 10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p03.
Hair, J. F. et al. (2014) “Partial least squares structural equation modeling (PLS- SEM),” European Business Review, 26(2), pp. 106–121. doi: 10.1108/ebr- 10-2013-0128.
Hariyanto, F. L. (2015) “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Niat Beli Konsumen,” Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 4(5).Tersedia di: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3349.
Iswandi and Risnawati (2020) “Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Cimory Di Pt. Mujur Indo Prima Tanjungpinang,” Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 3(1), Hal. 24. Tersedia di: https://journal.stie- pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/1611.
Jackson, J., Tawas, H. N. and Arie (2021) “Pengaruh Daya Tarik Iklan, Potongan Harga Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Penggunaan Aplikasi Belanja Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi,” ejournal.unsrat.ac.id, 9(3), Hal. 1402. doi: 10.35794/emba.v9i3.35759.
Jacob, A. A. (2018) “Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi,” ejournal.unsrat.ac.id, Hal. 988. doi: 10.35794/emba.v6i2.20026.
Kim, K., Lee, S. and Choi, Y. K. (2019) “Image proximity in advertising appeals: Spatial distance and product types,” Journal of Business Research, 99, pp. 490–497. doi: 10.1016/j.jbusres.2017.08.031.
Kotler and Keller. (2015). Marketing Management. 15th edn. New Jersey, United States of America: Pearson Pracice Hall, Inc.
Kusuma, T. W. (2015) “Penerapan Strategi Pemasaran Yang Tepat Bagi Perusahaan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Hikmah Cipta Perkasajakarta,” Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(1), Hal 111.
Laksmitadewi, Saryadi and Nurseto (2016) “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Mobilio di Kota Semarang,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), Hal. 105. doi: 10.14710/jiab.2016.10392.
Lestari, F. (2020) “Kajian Potensi Pemudik Angkutan Lebaran Tahun 2019 Berbasiskan Survei Online,” Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 21(1), Hal. 31–36. doi: 10.25104/jptd.v21i1.1165.
Mangkunegara, A. A. P. (2012) Perilaku Konsumen. 1st edn. Refika Aditama. Maslakhah, I. and Sutopo (2017) “Pengaruh Kemasan Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Citra Merek Serta Preferensi Merek Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa/i Undip Konsumen AQUA),” Diponegoro Journal Of Management, 6(4), Hal. 1–15.
Mubarok, M. M. (2018) “The Effect of Brand Image and Consumer Attitudes on The Decision to Purchase Batik Jetis Sidoarjo Mediated by Interest to buy,” Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura. doi: 10.14414/jebav.v21i1.1134.
Nadiya and Ishak (2022) “View of Analisis Niat Beli dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Perawatan Kulit Ramah Lingkungan,” Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(3), Hal. 186–204.
Nosi, C. et al. (2021) “The influence of online and offline brand trust on consumer buying intention,” EuroMed Journal of Business, 17(4), pp. 550–567. doi: 10.1108/emjb-01-2021-0002.
Nugroho and Mudiantono (2012) “Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Kekuatan Celebrity Endorser Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Terhadap Brand Attitude Handphone Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semaran,” Diponegoro Journal of Management, 2(3), Hal. 274–284.
Peña-García, N. et al. (2020) “Purchase intention and purchase behavior online: A cross-cultural approach,” Heliyon, 6(6), p. e04284. doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e04284.
Pohan, M. M. and Sukmal (2020) “Pengaruh daya tarik iklan terhadap minat beli (Studi pada smartphone merk Oppo),” Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), Hal.13.
Potu, G. A. S., Ogi, I. and Samadi, R. L. (2022) “Peran Amanda Manopo Sebagai Celebrity Endorsement Terhadap Minat Membeli Di Toko Online Shopee,” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), Hal. 122. doi: 10.35794/emba.v10i3.41890.
Prasetyaningtyas (2013) “Pengaruh Iklan dan Kemasan Terhadap Niat Beli yang Dimediasi Oleh Citra Merek,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), Hal. 27–38.
Prayoga, I. P. A. S. and Warmika, I. G. K. (2019) “Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Word of Mouth Terhadap Niat Beli,” EJM Universitas Udayana, 8(2), Hal. 6. doi: 10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i2.p6.
Purnomo, T. (2018) “Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Herbalife Di Surabaya,” Agora, 6(1), Hal. 1–7. Tersedia di: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- bisnis/article/view/6490.
Raharja, C. L. M. and Aksari, N. M. A. (2019) “Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Dalam Membangun Ekuitas Merek,” E-Jurnal Manajemen, 8(12), Hal. 7053. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i12.p08.
Rahmania (2015) “Pengaruh Kualitas Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Vaseline Healthy White Insta Fair,” Jurnal Pendidikan Parta Niaga, 3(1), Hal. 1–16. Tersedia di: https://virtual- class.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/10843.
Rahmi and Amalia (2018) “Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee. Id,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), Hal. 75–84. Tersedia di: https://jim.usk.ac.id/EKM/article/view/7124.
Rizki and Mudiantono (2014) Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk, Harga Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Konsumen Face Care Garnier Di Kota Semarang). Universitas Diponogoro.
Saraswati, Suharno and Achmad (2018) “Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Pendukung Selebriti Terhadap Citra Merek Dan Niat Beli Shampoo Pantene,” Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), Hal. 216–226
Sari, L. G. I. P., Suprapti, N. W. S. and Suparna, G. (2021) “Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Mobil Merek Toyota,” Buletin Studi Ekonomi, Hal. 85. doi: 10.24843/bse.2021.v26.i01.p07.
Sari, D.P., Nuvriasari, A. (2018) “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta),” JPEB (Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis), 3(2), Hal. 78–83. doi: 10.33633/jpeb.v3i2.2298.
Severi, E. and Ling, K. C. (2013) “The mediating effects of brand association, brand loyalty, brand image and perceived quality on brand equity,” Asian Social Science, 9(3), pp. 125–137. doi: 10.5539/ass.v9n3p125.
Shahrinaz et al. (2016) “Relationship and impact of e‐WOM and brand image towards purchase intention of smartphone?,” Journal of Scientific Research and Development, 3(5), pp. 117–124.
Shim, J. et al. (2021) “Antecedents of purchase intention at Starbucks in the context of COVID-19 pandemic,” Sustainability, 13(4), Hal. 1758. doi: 10.3390/su13041758.
Solikhah and Krishernawan (2022) “Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto),” Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), Hal. 154–166. doi: 10.55606/jaem.v2i2.220.
Sriastuti, D. A. N. (2017). Analisis Potensi Permintaan (Demand) Angkutan Umum Pada Koridor Jalan Raya Sesetan Denpasar. PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, 6(1), 66-75.
Steven. (2021) “How Product Quality, Brand Image and Price Perception Impact on Purchase Decision of Running Shoes?,” IEOM Society International, pp.1289–1297.
Suheri, A., Welsa, H. and Kurniawan, I. S. (2022) “Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air,” Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), Hal. 110–119. doi: 10.56338/jks.v5i2.2250.
Suryani, T., Fauzi, A. A. and Nurhadi, M. (2021) “Enhancing Brand Image in the Digital Era: Evidence from Small and Medium-sized Enterprises (SMEs) in Indonesia,” Gadjah Mada International Journal of Business, 23(3), p. 314. doi: 10.22146/gamaijb.51886.
Suryawijaya, H. and Rusdi, F. (2021) “Pengaruh Daya Tarik Iklan di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Terhadap Produk Sepatu Brodo di Kalangan Anak Muda Jakarta Barat),” Prologia, 5(1), Hal. 60. doi: 10.24912/pr.v5i1.8111.
Tsabitah, N. and Anggraeni, R. (2021) “The effect of brand image, brand personality and brand awareness on purchase intention of local fashion brand ‘This is April,’” Kinerja: Journal of Business and Economics, 25(2), Hal. 234–250. doi: 10.24002/kinerja.v25i2.4701.
Umayyah and Zulfa (2020) “Peran Labelisasi Halal Dan Daya Tarik Iklan Dalam Membangun Minat Beli Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Pemediasi,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(1), Hal. 45–58.
Wang, Y.-H. and Tsai (2005) “The Relationship between Brand Image and Purchase Intention: Evidence from Award Winning Mutual Funds,” The International Journal of Business and Finance Research, 8(2), pp. 22–47.
Wedayanti, K. A. and Ardani, I. G. A. K. S. (2020) “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli,” E-Jurnal Manajemen. doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i06.p19.