PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DI TOKO BALIKITA

  • Anak Agung Ayu Dita Pradnyasuari Devi Universitas Udayana
  • Ni Ketut Seminari Universitas Udayana

Abstract

Penggunaan produk Korea Selatan di Indonesia sedang berkembang begitu cepat. Pada akhir-akhir ini, toko yang menjual produk Korea di Bali jumlahnya meningkat. Toko Balikita merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan atau toko kelontong pertama yang menjual beragam produk khas Korea yang sangat lengkap. Peningkatan niat beli perlu diperhatikan oleh Toko Balikita. Salah satu cara dalam meningkatkan penjualan dengan Celebrity endorsement. Tujuan dilakukannya penelitian berguna dalam memaparkan brand image pada memediasi pengaruh celebrity endorsement pada niat beli konsumen di Toko Balikita. Penelitian ini telah dilaksanakan kepada orang yang akan beli yang mengetahui dan belum pernah melakukan pembelian produk Toko Balikita dengan sampel 110 responden. Pengumpulan data melalui survei online dengan alat bantu kuesioner dalam bentuk google form di bulan Februari 2023 serta dilakukan analisis dengan path analysis serta uji sobel menggumakan program SPSS. Brand image Toko Balikita memiliki pengaruh positif serta signifikan memediasi celebrity endorsement terhadap niat beli konsumen. Implikasi dari penelitian ini adalah Toko Balikita perlu memperhatikan lebih baik lagi aspek celebrity endorsement terhadap niat beli. Selain itu peningkatan celebrity endorsement dapat di dilakukan dengan menggunakan celebrity yang sangat terkenal dibenak target calon konsumen sehingga menghasilkan nilai pelanggan yang kuat.


Kata kunci: celebrity endorsement, brand image, niat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ni Ketut Seminari, Universitas Udayana

Penggunaan produk Korea Selatan di Indonesia sedang berkembang begitu cepat. Pada akhir-akhir ini, toko yang menjual produk Korea di Bali jumlahnya meningkat salah satunya Toko Balikita. Tujuan dilakukannya penelitian berguna dalam memaparkanbrand image pada memediasi pengaruh celebrity endorsement pada niat beli konsumen di Toko Balikita. Riset ini telah dilaksanakan kepada orang yang akan melakukan pembelian dan belum pernah melakukan pembelian produk Toko Balikita dengan sampel 110 responden dengan alat bantu kuesioner dalam bentuk google form, analisis data dengan path analysis dan uji sobel. Brand image Toko Balikita berpengaruh positif serta signifikan memediasi celebrity endorsement terhadap niat beli konsumen. Celebrity endorsement mempunyai kapasitas untuk meningkatkan niat beli calon konsumen terhadap produk Toko Balikita dengan membentuk brand image yang kuat dan tetap tertanam dalam ingatan konsumen terhadap produk Toko Balikita.Implikasi dari riset ini yaitu pentingnya peran selebriti sebagai endorser dalam pemasaran produk atau layanan di Toko Balikita. Perusahaan atau toko lain juga dapat mempertimbangkan memakai selebriti sebagai cara untuk meningkatkan daya tarik produk mereka di pasar. Hasil riset ini dapat memberikan dasar empiris bagi perusahaan untuk melanjutkan atau mengembangkan strategi pemasaran berdasarkan celebrity endorsement dan brand image yang telah terbukti efektif.

Kata kunci: Brand Image; Celebrity Endorsement; Niat Beli

Published
2024-04-04
How to Cite
DEVI, Anak Agung Ayu Dita Pradnyasuari; SEMINARI, Ni Ketut. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DI TOKO BALIKITA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 470 - 493, apr. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/104663>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p06.
Section
Articles