PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DI TOKO BALIKITA

  • Anak Agung Ayu Dita Pradnyasuari Devi Universitas Udayana
  • Ni Ketut Seminari Universitas Udayana

Abstract

Penggunaan produk Korea Selatan di Indonesia sedang berkembang begitu cepat. Pada akhir-akhir ini, toko yang menjual produk Korea di Bali jumlahnya meningkat. Toko Balikita merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan atau toko kelontong pertama yang menjual beragam produk khas Korea yang sangat lengkap. Peningkatan niat beli perlu diperhatikan oleh Toko Balikita. Salah satu cara dalam meningkatkan penjualan dengan Celebrity endorsement. Tujuan dilakukannya penelitian berguna dalam memaparkan brand image pada memediasi pengaruh celebrity endorsement pada niat beli konsumen di Toko Balikita. Penelitian ini telah dilaksanakan kepada orang yang akan beli yang mengetahui dan belum pernah melakukan pembelian produk Toko Balikita dengan sampel 110 responden. Pengumpulan data melalui survei online dengan alat bantu kuesioner dalam bentuk google form di bulan Februari 2023 serta dilakukan analisis dengan path analysis serta uji sobel menggumakan program SPSS. Brand image Toko Balikita memiliki pengaruh positif serta signifikan memediasi celebrity endorsement terhadap niat beli konsumen. Implikasi dari penelitian ini adalah Toko Balikita perlu memperhatikan lebih baik lagi aspek celebrity endorsement terhadap niat beli. Selain itu peningkatan celebrity endorsement dapat di dilakukan dengan menggunakan celebrity yang sangat terkenal dibenak target calon konsumen sehingga menghasilkan nilai pelanggan yang kuat. 


 


The use of South Korean products in Indonesia is growing so fast. Recently, the number of stores selling Korean products in Bali has increased. Balikita Store is a company engaged in trading or the first grocery store that sells a very complete variety of Korean products. The increase in purchase intent needs to be considered by Toko Balikita. One way to increase sales is with Celebrity endorsements. The purpose of conducting research is useful in exposing brand image to mediate the influence of celebrity endorsement on consumer purchase intentions at Balikita Store. This research has been carried out to people who will buy who know and have never purchased Balikita Store products with a sample of 110 respondents. Data collection through an online survey with  a questionnaire tool  in the form of a google form in February 2023 and analysis with path analysis and sobel tests amazed the SPSS program. Toko Balikita's brand image has a positive and significant effect mediating celebrity endorsements of consumers' purchase intentions. The implication of this study is that Toko Balikita needs to pay better attention to the celebrity endorsement aspect  of purchase intent. In addition, increasing celebrity endorsement can be done by using celebrities who are very famous in the minds of potential customers so as to produce strong customer value.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ni Ketut Seminari, Universitas Udayana

Penggunaan produk Korea Selatan di Indonesia sedang berkembang begitu cepat. Pada akhir-akhir ini, toko yang menjual produk Korea di Bali jumlahnya meningkat salah satunya Toko Balikita. Tujuan dilakukannya penelitian berguna dalam memaparkanbrand image pada memediasi pengaruh celebrity endorsement pada niat beli konsumen di Toko Balikita. Riset ini telah dilaksanakan kepada orang yang akan melakukan pembelian dan belum pernah melakukan pembelian produk Toko Balikita dengan sampel 110 responden dengan alat bantu kuesioner dalam bentuk google form, analisis data dengan path analysis dan uji sobel. Brand image Toko Balikita berpengaruh positif serta signifikan memediasi celebrity endorsement terhadap niat beli konsumen. Celebrity endorsement mempunyai kapasitas untuk meningkatkan niat beli calon konsumen terhadap produk Toko Balikita dengan membentuk brand image yang kuat dan tetap tertanam dalam ingatan konsumen terhadap produk Toko Balikita.Implikasi dari riset ini yaitu pentingnya peran selebriti sebagai endorser dalam pemasaran produk atau layanan di Toko Balikita. Perusahaan atau toko lain juga dapat mempertimbangkan memakai selebriti sebagai cara untuk meningkatkan daya tarik produk mereka di pasar. Hasil riset ini dapat memberikan dasar empiris bagi perusahaan untuk melanjutkan atau mengembangkan strategi pemasaran berdasarkan celebrity endorsement dan brand image yang telah terbukti efektif.

Kata kunci: Brand Image; Celebrity Endorsement; Niat Beli

References

Alvionita, S., & Sutedjo, B. (2021). Pengaruh Celebrity endoraement,Brand Image dan Customer Review terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk Kecantikan Scarlett Whitening Kabupaten Brebes). SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 374–385. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1445
Asra, M. D., Manshur, A., & Suyanto, A. (2019). Analisis Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Samsung Berbasis Android Di Indonesia Analysis a Factors Affect Consumer Behavior in Decision To Buy Cell Phone Samsung Android Based in Indonesia. E-Proceeding of Management, 6(1), 89–98.
Cahyani, A., & Zahara.Z. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Korea. Jurnal Studi Manajemen & Riset Terapan.Cendrawati, W., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Celebrity endorsement, Kepercayaan, Dan Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut Secara Elektronik Terhadap Niat Beli Pengguna Shopee Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan.Darmawan, M. D., & Iriani, S. S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek terhadap Niat Beli Kopi Caffino melalui Sikap terhadap Merek. Jurnal Ilmu Manajemen.Dewi, K. A. P., & Giantari, I. G. A. K. (2020). The Role of Brand Image in Mediating The Influence of Customer Perceived Value on The Loyalty of Facebook Users. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(5 Special Issue), 1284–1293. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12SP5/20201887Dhaefina, Z., AR, M. N., Pirmansyah, P.,& Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Testimoni ter-hadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan Lemonilo pada Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen.Ediman, H., Tajibu, K., & Mannan, A. (2020). Pengaruh Aktor Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador Mie Sedap Korean Spicy Chicken terhadap Minat Beli Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Makas-sar). Jurnal Mercusuar.
Erida, E., & Rangkuti, A. S. (2017). The effect of brand image, product knowledge andproduct quality on niat beli of notebook with discount price as moderating variable. Journal of Business Studies and Management Review, 1(1), 26–32.
Gulo, E. (2021). Inovasi IPTEK dan Mutu Pendidikan dan Berintegritas. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2).
Havidz, H. B. H., & Mahaputra, M. R. (2020). The Impact of Green Marketing and Corporate Social Responsibility on Brand Image, Purchase Intention, and Purchase Decision (Study on the Body Shop in Samarinda). International Journal of Economics, Business andAccounting Research, 4(4), 987–999. Retrieved from http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBARHidayati, D. A., Sarah Dini Rizky Fitrian, & Siti Habibah. (2022). Realitas Sosial Remaja Penggemar Budaya Korea (K-POP) di Bandar Lampung. RESIPROKAL: JurnalRiset Sosiologi Progresif Aktual, 4(2). https://doi.org/10.29303/resiprokal.v4i2.208
Hofmann, J., Schnittka, O., Johnen, M., & Kottemann, P. (2021). Talent or popularity: What drives market value and brand image for human brands? Journal of Business Research, 124. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.03.045
Juliana, Djakasaputra, A., Hubner, I. B., & Noval, T. (2018). Pengaru Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Kosmetik Etude House Pada Pelita Harapan Karawaci. Skylandsea, 2(2), 251–256.
Knoll, J., & Matthes, J. (2017). The effectiveness of celebrity endorsements: a meta-analysis. Journal of the Academy of Marketing Science, 45(1). https://doi.org/10.1007/s11747-016-0503-8
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen, 15th Edition. Prentice Hall.
Lenarto, S., Putra, A. Y. Y. W. T., & Rahmawati, V. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Price Image Terhadap Purchase Intention Dengan Store Image Sebagai Variabel Intervening Pada Ibox Store Di World Trade Center (Wtc) Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 6(2), 99–111.
Leong, C. M., Loi, A. M. W., & Woon, S. (2022). The influence of social media eWOM information on purchase intention. Journal of Marketing Analytics, 10(2). https://doi.org/10.1057/s41270-021-00132-9
Mabkhot, H. A., & Shaari, H. (2017). The Influence Of Brand Image And Brand Personality On Brand Loyalty, Mediating By Brand Trust: An Empirical Study. Jurnal Pengurusan.
Maknunah, L., & Rachmat, B. (2020). The Effect of Brand Image, Brand Trust, Economic Benefits, and Brand Attitude Toward Purchase Intention on Iphone in East Java. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(2), 308–320. Retrieved from https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/viewFile/1484/1163
Nadiya, Fortuna, A., & Ishak, A. (2022). Analisis Niat Beli dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Perawatan Kulit Ramah Lingkungan. Selekta Manajemen. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 186–204.
Nazarani, M. R., & Suparna, G. (2021). the Effect of Luxury Brand, Brand Image, and Product Quality on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, (5), 290–295.
Nelson, O., & Deborah, A. (2017). Celebrity endorsement influence on brand credibility: A critical review of previous studies. Online Journal of Communication and Media Technologies,. Online Journal of Communication and Media Technologies, 7(1), 15-32.
Nugroho, D. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh promosi penjualan dan celebrity endorser terhadap niat beli fashion brand lokal giyomi pada generasi y dan z. Jurnal Ilmu Manajemen.
Nur, K., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Vidio terhadap Brand Image Produk Pembersih Wajah Garnier pada Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 3(2), 319. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i2.8958
Nuseir, M. T. (2019). The impact of electronic word of mouth (e-WOM) on the online niat beli of consumers in the Islamic countries –a case of (UAE). Journal of Islamic Marketing.
Osiyo, A. K. M., & Semuel, H. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Green Brand Image Dan Purchase Intention Pelanggan Pada Starbucks Coffee Malang. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–9.
Ovidani, Z., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Dafam Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 167–174. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27277
Pratiwi, R., & Setyaky, R.R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone dengan Persepsi Nilai Sebagai Moderasi. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 58.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.Putra, I., & Sulistyawati, E. (2015). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(6), 255133.
Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 29–44.
Rahmi, S., & Amalia, R. (2018). Pengaruh E-WoM Terhadap Citra Perusahaan dan Dampaknya ter-hadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee. Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3(2), 75–84.
Ri’aeni, I. (2019). Pengaruh budaya Korea (K-Pop) terhadap remaja di Kota Cire-bon. Communications, 1(1), 1–25.Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019a). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5164. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17
Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019b). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5164. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.Setiadi, N. . (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran.Jakarta: Kencana.Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2021). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori (Vol. 1).
Iocs Publisher.Song, C. (2016). Kimchi, seaweed, and seasoned carrot in the Soviet culinary culture: the spread of Korean food in the Soviet Union and Korean diaspora. Journal of Ethnic Foods, 3(1). https://doi.org/10.1016/j.jef.2016.01.007
Suandayana, I. B. P., & Setiawan, P. Y. (2019). Peran Brand image dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(1), 7371-7398.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sujana, M. S. A. S., & Giantari, I. G. A. K. (2017). Peran Brand Image Memediasi Hubungan Celebrity Endorsement Dengan Niat beli. I. N Forum Keuangan Dan Bisnis Indonesia (FKBI) (Vol. 6, Pp. 313-324).
Supradita, C. F., Darpito, S. H., & Laksana, D. H. (2020). Brand Image As a Mediation of Electronic Word of Mouth on Purchasing Intention of Laneige. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis.
Takaya, R. (2019). the Effect of Celebrity Endorsment on Brand Image and Trust Brand and It’S Impact To Purchaseintention Case Study: Oppo Smartphone. Business and Entrepreneurial Review, 17(2), 183. https://doi.org/10.25105/ber.v17i1.5228
Wahidah, A., Nurbayani, S., & Aryanti, T. (2020). Korean Wave: Lingkaran Semu Penggemar Indone-sia. Sosietas, 10(2), 887–893.
Wang, J., Shahzad, F., Ahmad, Z., Abdullah, M., & Hassan, N. M. (2022). Trust and Consumers’ Purchase Intention in a Social Commerce Platform: A Meta-Analytic Approach. SAGE Open, 12(2). https://doi.org/10.1177/21582440221091262
Wedayanti, & Giantari. (2016). “Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Memediasi Pengaruh Norma Subyektif terhadap Niat Berwirausaha,.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 533–560.
Windyastari, N. Y., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kredibilitas Celebrity En-dorser Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Unud.
Wulandari, A., & Utami, F. A. (2021). Analisis Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Kosmetik Pemutih Wajah pada Remaja Putri SMK X Jakarta.
Sainstech Farma.Yawar, R. B., & Ghafar, R. U. (2021). Influence of Celebrity Endorsement On Niat beli Dual Mediation Of Brand Image And Perceived Value: Evidence From Pakistan Telecommunication Sector. International Journal of Management (IJM).
Zahra, N. F., & Nugroho, D. A. (2020). Pengaruh Brand Image , Online Review , Dan Perceived Trust Terhadap Purchase Intention Produk Fashion Di. Manajemen Universitas Brawijaya, 1(2), 1–10.
Zhuang, W., Luo, X., & Riaz, M. U. (2021). On the Factors Influencing Green Purchase Intention: A Meta-Analysis Approach. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.644020
Published
2024-04-04
How to Cite
DEVI, Anak Agung Ayu Dita Pradnyasuari; SEMINARI, Ni Ketut. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DI TOKO BALIKITA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 470 - 493, apr. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/104663>. Date accessed: 21 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p06.
Section
Articles