PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DI TOKO BALIKITA
Abstract
Penggunaan produk Korea Selatan di Indonesia sedang berkembang begitu cepat. Pada akhir-akhir ini, toko yang menjual produk Korea di Bali jumlahnya meningkat. Toko Balikita merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan atau toko kelontong pertama yang menjual beragam produk khas Korea yang sangat lengkap. Peningkatan niat beli perlu diperhatikan oleh Toko Balikita. Salah satu cara dalam meningkatkan penjualan dengan Celebrity endorsement. Tujuan dilakukannya penelitian berguna dalam memaparkan brand image pada memediasi pengaruh celebrity endorsement pada niat beli konsumen di Toko Balikita. Penelitian ini telah dilaksanakan kepada orang yang akan beli yang mengetahui dan belum pernah melakukan pembelian produk Toko Balikita dengan sampel 110 responden. Pengumpulan data melalui survei online dengan alat bantu kuesioner dalam bentuk google form di bulan Februari 2023 serta dilakukan analisis dengan path analysis serta uji sobel menggumakan program SPSS. Brand image Toko Balikita memiliki pengaruh positif serta signifikan memediasi celebrity endorsement terhadap niat beli konsumen. Implikasi dari penelitian ini adalah Toko Balikita perlu memperhatikan lebih baik lagi aspek celebrity endorsement terhadap niat beli. Selain itu peningkatan celebrity endorsement dapat di dilakukan dengan menggunakan celebrity yang sangat terkenal dibenak target calon konsumen sehingga menghasilkan nilai pelanggan yang kuat.
Kata kunci: celebrity endorsement, brand image, niat beli.