PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SABUN MANDI MEREK LIFEBUOY DI KOTA DENPASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran citra merek memediasi pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap loyalitas pelanggan sabun mandi merek Lifebuoy di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan responden sebanyak 104 orang yang menggunakan sabun mandi merek Lifebuoy dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini tidak terbatas karena ukuran penelitian yang besar. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner melalui google form dengan menggunakan media sosial whatsapp. Hasil penelitian menemukan bahwa kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan mampu memediasi secara signifikan pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dari penelitian ini adalah semakin baik kredibilitas celebrity endorser sabun mandi Lifebuoy, maka akan semakin baik citra merek yang dimiliki sabun mandi Lifebuoy. Dengan semakin baiknya citra merek, maka akan menjadi salah satu peran yang penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan sabun mandi Lifebuoy.
Kata kunci: Citra merek; Kredibilitas Celebrity Endorser; Loyalitas Pelanggan.
Downloads
References
Agung, A.P., Solikhah and Pamungkas, B.A.P. (2017) ‘Analisis Pengaruh Kredibilitas Selebriti Endorser dan Kredibilitas Merek Terhadap Loyalitas Merek.’, In Proceeding National Conference on Applied Business (Volume 1), 8(5), pp. 72–80.
Budiman, A.Y. and Karnadi, M.S. (2023) ‘Pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap loyalitas konsumen produk indihome’, 14(1), pp. 496–504.
Habibullah, M. and Fitria, S.E. (2017) ‘The Importance of Brand image of Customer Loyality (Studies in Clothing Business P-Clothes)’, e-Proceeding Of Management, 4(3), pp. 2519–2522.
Hapsari, I.N. (2019) ‘Pengaruh Sistem Informasi Penjualan Strategi Integrated Marketing Communications (Imc) Dan Peran Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Oriflame Di Indonesia’, Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), pp. 21–25. Available at: http://www.elsevier.com/locate/scp.
Keni, K. and Callista, C. (2021) ‘Peranan Brand image Dan Brand Credibility Dalam Meningkatkan Loyalty Intention Melalui Brand Commitment’, Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), p. 94. doi:10.22441/mix.2021.v11i1.007.
Komala, J.A., Ekowati, T. and Budiyanto (2017) ‘Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser terhadap Purchase Intention yang dimediasi oleh Brand image (Studi pada Konsumen Warda di Purworejo)’, Jurnal Manajemen Bisnis, 13(2B), pp. 1–16.
Kotler, P. and Armstrong, G. (2016) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke-1. Jakarta: Erlangga.
Kussudyarsana, K., Forma, Y.B. and Achmad, N. (2020) ‘Apakah Perceived Quality memediasi hubungan antara brand image dan Country of Origin terhadap Purchase Intension?’, JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 6(2). doi:10.21070/jbmp.v6i2.770.
Nurfadila, H. and Nurdin, M.R.A. (2022) ‘Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Air Minum Kemasan Merek Aqua’, Jurnal Ekonomi dan Industri, 23(1), pp. 342–350. doi:10.35137/jei.v23i1.663.
Nuseir, M.T. (2019) ‘The Impact of Electronic Word of Mouth (e-WOM) on The Online Purchase Intention of Consumers in The Islamic Countries – a case of (UAE)’, Journal of Islamic Marketing, 10(3). doi:10.1108/JIMA-03-2018-0059.
Ratri, L.E. (2019) ‘Hubungan Aantara Citra Merek (Brand Image) Operator Seluler Dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang’, eprints.undip.ac.id [Preprint].
Rodiques, Y. and Rahanatha, G.B. (2018a) ‘Peran Brand Trust Memediasi Hubungan Brand image dengan Brand Loyalty (Studi Pada Konsumen Iphone di Kota Denpasar)’, E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3), pp. 1310–1338.
Rodiques, Y. and Rahanatha, G.B. (2018b) ‘Peran Brand Trust Memediasi Hubungan Brand Image Dengan Brand Loyalty (Studi Pada Konsumen iPhone di Kota Denpasar)’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3). doi:10.24843/ejmunud.2018.v7.i03.p07.
Roshan, P.A.A. and Sudiksa, I.B. (2019) ‘Peran Brand image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), p. 5164. doi:10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17.
Shalmont, J. (2020) ‘Sustainable Beauty: Kesiapan Konsumen Di Indonesia Dalam Mengintegrasikan Konsep Keberlanjutan Dalam Pengelolaan Sampah Kemasan Plastik Produk Industri Kecantikan’, Law Review, XX(2).
Sujana, M.S.A.S. and Giantari, I.G.A.K. (2017) ‘Peran Brand image Memediasi Hubungan Celebrity Endorser Dengan Purchase Intention’, Forum Keuangan dan Bisnis Indonesia (FKBI), 6.
Supradita, C.F., Darpito, S.H. and Laksana, D.H. (2020) ‘Brand Image As A Mediation Of Electronic Word Of Mouth On Purchasing Intention Of Laneige’, Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis, 5(2). doi:10.33633/jpeb.v5i2.3270.