PERAN MOTIVASI KERJA MEMEDIASI PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN RISATA BALI RESORT AND SPA

  • Kadek Intan Anggreni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Dewi Adnyani Universitas Udayana

Abstract

Bali memiliki banyak usaha yang bergerak pada bidang jasa perhotelan dan mayoritas masyarakatnya bekerja pada bidang pariwisata, Maka dari itu, hotel perlu memperhatikan kinerja sumber daya manusianya untuk selalu meningkatkan kualitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peran motivasi memediasi pengaruh pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan. Teori dasar yang digunakan untuk menjelaskan model konseptual dalam penelitian ini adalah teori kebutuhan Maslow's. Penelitian ini dilakukan pada Risata Bali Resort and Spa. Responden pada penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berstatus tetap dengan jumlah 76 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, pelatihan, pengembangan karir dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta motivasi kerja mampu memediasi pengaruh pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan. Kinerja karyawan dapat ditingkatkan dengan mengoptimalkan pelatihan dan pengembangan karir sehingga meningkatkan motivasi serta kinerja karyawan.


Kata kunci: pelatihan, pengembangan karir, kinerja karyawan, motivasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-15
How to Cite
ANGGRENI, Kadek Intan; ADNYANI, I Gusti Ayu Dewi. PERAN MOTIVASI KERJA MEMEDIASI PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN RISATA BALI RESORT AND SPA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 5, p. 522 - 541, june 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/101663>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i05.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>