PENGARUH SANKSI, RAZIA LAPANGAN DAN PROGRAM E-SAMSAT TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  • Ni Kadek Surya Adnyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Wayan Gde Wahyu Purna Anggara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sanksi, razia lapangan dan program E-SAMSAT terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang berada di kabupaten Sumbawa barat. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang menggunakan E-SAMSAT dan terdaftar di kantor SAMSAT Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat dengan jumlah sampel 100 orang wajib pajak. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, razia lapangan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, dan program E-SAMSAT berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Kata kunci: Sanksi; Razia Lapangan; e-SAMSAT; Kepatuhan Wajib Pajak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-30
How to Cite
ADNYANI, Ni Kadek Surya; WAHYU PURNA ANGGARA, I Wayan Gde. PENGARUH SANKSI, RAZIA LAPANGAN DAN PROGRAM E-SAMSAT TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN SUMBAWA BARAT. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 346 - 369, may 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/100953>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i04.p02.
Section
Articles