STRATEGI KOMUNIKASI RADIO PRO 2 RRI DENPASAR DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN FORMAT PROGRAMA

  • I Nyoman Triadnyana
  • Ni Nyoman Dewi Pascarani
  • I Gusti Agung Alit Suryawati

Abstract

ABSTRAK

 

Pro 2 RRI Denpasar adalah salah satu Programa (stasiun radio) milik Radio Republik Indonesia (RRI) yang awalnya bernama Pro 2 Paradise FM. Perubahan format programa mengharuskan Pro 2 RRI Denpasar menyusun strategi komunikasi yang lebih kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Pro 2 RRI Denpasar dalam menghadapi perubahan format programa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa segementasi, target dan posisi dari Pro 2 RRI Denpasar sudah ditentukan oleh LPP RRI Pusat, sehingga strategi komunikasi yang pertama adalah menentukan komunikator yaitu tim kreatif yang dibantu oleh Seksi Programa 2 dan Seksi Komuikasi Publik. Pro 2 RRI Denpasar melakukan audience research untuk mengenal khalayak. Pro 2 RRI Denpasar dalam menyusun pesan menggunakan sifat pesan informatif. Pro 2 RRI Denpasar mengunakan media konvensional berupa media elektronik, media luar ruang dan media format kecil. Pro 2 RRI Denpasar melakukan evaluasi dengan cara menghitung jumlah pendengar aktif yang dihitung melalui jumlah atensi SMS, telepon dan media sosial

 

Kata kunci : Perubahan Format Programa, Pro 2 RRI Denpasar, Strategi Komunikasi


Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-14
How to Cite
TRIADNYANA, I Nyoman; PASCARANI, Ni Nyoman Dewi; SURYAWATI, I Gusti Agung Alit. STRATEGI KOMUNIKASI RADIO PRO 2 RRI DENPASAR DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN FORMAT PROGRAMA. E-Jurnal Medium, [S.l.], v. 1, n. 1, dec. 2015. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/16944>. Date accessed: 27 nov. 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>