Vista Hukum Pidana Terhadap Proses "Toe-eigening" Dan "Levering" Kadaver Untuk Tujuan Pendidikan

  • Anak Agung Ayu Anaya Widya Sukma Mahasiswa
  • Sagung Putri M.E Purwani

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah tahap pembelajaran ilmu pengetahuan melalui proses pengajaran yang dibantu dengan pelatihan dan penelitian. Pendidikan pada tahap perguruan tinggi, proses pembelajaran semakin dikhususkan seperti didalam Fakultas Kedokteran yang mempelajari ilmu anatomi mengenai fungsi serta struktur tubuh. Dalam membantu proses pembelajaran anatomi para mahasiswa menggunakan kadaver sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. Kadaver sendiri merupakan mayat yang telah diawetkan. Untuk memperoleh kadaver dapat dilakukan dengan dua proses yakni proses pemilikan (toe-eigening”) dan penyerahan (“levering”). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pemilikan (toe-eigening) dan penyerahan (“levering”) kadaver dikaji dari PP Nomor 18 Tahun 1981.


Penelitian ini menggunakan metode jenis yuridis normatif serta digunakannya pendekatan peraturan perundang-undangan (The Stattute Approach). Masalaha yuridis yang dibahas di dalam jurnal ialah bagaimana proses pemilikan (“toe-eigening”) dan penyerahan (“levering”) kadaver berdasarkan vista hukum pidana khususnya PP Nomor 18 Tahun 1981.


Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil penelitian  bahwa Proses toe-eigening kadaver merupakan proses pemilikan kadaver yang diperoleh dari rumah sakit. Dimana proses ini telah diatur pada pasal 5 PP Nomor 18 Tahun 1981. Proses penyerahan (levering) kadaver merupakan proses penyerahan kadaver yang dilakukan aspiran kadaver melalui hibah-wasiat semasa hidup. Proses levering kadaver belum ada ketentuan secara absolut yang mengaturnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-26
How to Cite
SUKMA, Anak Agung Ayu Anaya Widya; PURWANI, Sagung Putri M.E. Vista Hukum Pidana Terhadap Proses "Toe-eigening" Dan "Levering" Kadaver Untuk Tujuan Pendidikan. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 7, p. 1-13, june 2020. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/61216>. Date accessed: 25 sep. 2022.
Section
Articles