PELAKSANAAN MEDIASI SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH UNTUK MENYELESAIKAN SENGKETA ANTARA NASABAH DENGAN BANK
Abstract
Sengketa bank dan konsumen merupakan permasalahan pelik yang dapat merugikan kedua belah pihak. Oleh karena itu, untuk mencapai penyelesaian yang memuaskan kedua belah pihak, diperlukan strategi alternatif yang kuat. Permohonan penyelesaian sengketa nasabah bank melalui mediasi ditangani oleh Maybank Kantor Cabang Cipulir sesuai dengan PBI No. 8/5/PBI/2006 tentang Mediasi Perbankan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, menganalisis secara mendalam konflik nasabah-bank yang diselesaikan melalui mediasi. Melalui komunikasi langsung dan partisipasi aktif, kedua belah pihak dapat mengidentifikasi solusi yang cocok bagi mereka selama mediasi. Mediasi perbankan dapat dilakukan sesuai dengan peraturan dan ketentuan terkait. Temuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang fungsi mediasi dalam menyelesaikan konflik antara nasabah dan bank.