TANGGUNG JAWAB PEMILIK SAHAM TERHADAP PERSEROAN TERBATAS BERDASARKAN DOKTRIN HUKUM PIERCING THE CORPORATE VEIL

  • Elzidan Herendra Palasara Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Made Aditya Pramana Putra Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji tentang pertanggungjawaban dari pemilik saham menurut Doktrin Piercing The Corporate Veil yang awalnya terbatas dengan saham yang dimilikinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif yang mengambil sumber berdasarkan hukum dan peraturan yang ada dengan menggunakan data primer serta data sekunder yang didapatkan di literatur seperti undang-undang, buku, jurnal, dan bahan literasi lainnya. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa sesuai dengan Pasal 3 ayat (2) Undang-undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas terdapat pengecualian atas terbatasnya tanggung jawab pemilik saham sesuai saham yang dimilikinya dengan beberapa kriteria. Dalam implementasinya dalam hukum di Indonesia, doktrin ini diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang, Kitab Undang-undang Hukum perdata, dan Undang-undang Perseroan Terbatas.


Kata Kunci: Saham, Pemegang saham, Perseroan Terbatas


ABSTRACT


The purpose of this research is to examine the accountability of share owners according to the Piercing the Corporate Veil Doctrine, which is initially limited to the shares they own. The research method used in this research is normative research which takes sources based on existing laws and regulations using primary data and secondary data obtained in literature such as laws, books, journals and other literacy materials. The results of this study show that in accordance with Article 3 paragraph (2) of Law no. 40 of 2007 concerning Limited Liability Companies there are exceptions to the limited liability of share owners according to the shares they own with several criteria. In its implementation in Indonesian law, this doctrine is regulated in the Commercial Code, Civil Code and Limited Liability Company Law.


Key Words: Stock, shareholders, limited company

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-14
How to Cite
PALASARA, Elzidan Herendra; PRAMANA PUTRA, Made Aditya. TANGGUNG JAWAB PEMILIK SAHAM TERHADAP PERSEROAN TERBATAS BERDASARKAN DOKTRIN HUKUM PIERCING THE CORPORATE VEIL. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 13, n. 09, p. 431-441, july 2024. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/108062>. Date accessed: 04 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KW.2024.v13.i9.p1.
Section
Articles