AKIBAT HUKUM TERHADAP PELANGGARAN HAK CIPTA LAGU YANG DINYANYIKAN ULANG “COVER SONG” PADA MEDIA SOSIAL

  • I Gusti Ngurah Agung Wipascitananda Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • Made Aditya Pramana Putra Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Tujuan agar dapat mengetahui pengaturan yang berkaitan dengan cover song pada media sosial yang merujuk pada Undang-Undang Hak Cipta, menjadikan itu sebagai tujuan dari penulisan karya ilmiah ini. Undang-Undang Hak Cipta menawarkan pembelaan yang dapat digunakan oleh pemilik, pencipta, dan pemegang hak cipta jika terjadi sesuatu yang akan melanggar hak cipta lagu tersebut. Untuk menganalisis produk hukum digunakan penelitian hukum normatif dalam penciptaan karya ilmiah ini. Hasil studi menunjukan bahwa penggunaan hak cipta lagu dalam konteks media sosial dapat memiliki berbagai akibat hukum. Undang-Undang Hak Cipta memberikan perlindungan yang kuat terhadap lagu dan musik. Ketika seseorang menyanyikan ulang lagu atau menggunakan lagu yang dimiliki oleh pencita ataupun pemilik lagu pada media sosial tanpa izin atau lisensi yang sesuai, ini dapat mengakibatkan pelanggaran hak cipta. Akibat hukum yang mungkin termasuk tuntutan hukum, denda, atau pembatasan konten. Penting untuk memahami ketentuan hak cipta yang berlaku dan melibatkan izin yang diperlukan untuk menghindari masalah hukum pada media sosial. Tidak hanya itu, media sosial pun dimanfaatkan sebagai alat untuk menginformasikan konsumen tentang penggunaan yang tepat di era digital dan meningkatkan kesadaran akan hak cipta.


Kata Kunci: Akibat Hukum, Hak Cipta Lagu, Media Sosial


ABSTRACT


The aim is to find out the regulations relating to cover songs on social media which refer to the Copyright Law, making this the aim of writing this scientific work. The Copyright Law offers defenses that owners, creators and copyright holders can use if something happens that would infringe the song's copyright. To analyze legal products, normative legal research was used in the creation of this scientific work. The study results show that the use of song copyrights in the context of social media can have various legal consequences. The Copyright Act provides strong protection for songs and music. When someone resings a song or uses a song owned by the creator or owner of the song on social media without the appropriate permission or license, this can result in copyright infringement. Possible legal consequences include lawsuits, fines, or content restrictions. It is important to understand applicable copyright provisions and involve necessary permissions to avoid legal problems on social media. Not only that, social media is also used as a tool to inform consumers about appropriate use in the digital era and increase awareness of copyright.


Key Words: Legal Consequences, Song Copyright, Social Media

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-23
How to Cite
WIPASCITANANDA, I Gusti Ngurah Agung; PUTRA, Made Aditya Pramana. AKIBAT HUKUM TERHADAP PELANGGARAN HAK CIPTA LAGU YANG DINYANYIKAN ULANG “COVER SONG” PADA MEDIA SOSIAL. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 13, n. 02, p. 95-105, feb. 2024. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/108040>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KW.2024.v13.i2.p5.
Section
Articles