PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BARANG YANG TIDAK SESUAI DI E-COMMERCE

  • Ni Nengah Bintang Lestari Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Made Aditya Pramana Putra Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penulisan ini yaitu mengetahui bentuk perlindungan konsumen yang telah dirugikan dalam pembelian barang di e-commerce serta untuk mengetahui pertanggung jawaban dari pelaku usahan yang telah merugikan pihak konsumen. Penulisan ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yaitu yaitu objek penelitian ditinjau dari aspek kepustakaan, konsep, peraturan. Hasil penulisan menunjukan bahwa undang-undang yang terkait dengan perlindungan konsumen dan tanggung jawab pelaku usaha bepedoman pada  “Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik” serta “Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen”.


Kata Kunci : Perlindungan, Tanggung Jawab, E-commerce

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-16
How to Cite
LESTARI, Ni Nengah Bintang; PRAMANA PUTRA, Made Aditya. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BARANG YANG TIDAK SESUAI DI E-COMMERCE. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 12, n. 04, p. 182-191, oct. 2023. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/102159>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KW.2023.v12.i04.p1.
Section
Articles