ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PRODUK PANGAN KADALUWARSA: STRATEGI PENGURANGAN LIMBAH MAKANAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki fase pertama dan kedua dalam analisis perilaku konsumen terhadap produk pangan kadaluwarsa sebagai strategi pengurangan limbah makanan. Maksudnya yaitu bagaimana konsumen mempersepsikan makanan yang telah rusak dan bagaimana hal itu mempengaruhi apakah mereka menerimanya atau tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah dua fase yang berbeda dengan sebuah pertanyaan terbuka. Tanggapan pertanyaan diperiksa secara cermat untuk mengidentifikasi gagasan dan pendapat. Pre test terdiri dari survei singkat 11 produk yang berbeda. Kuesioner ini disebarkan melalui media sosial. Hasil penelitian mengungkapkan pendapat peserta tentang makanan yang rusak bervariasi, dengan beberapa menolaknya karena mereka berusaha untuk kesempurnaan dalam makanan yang mereka beli. Namun, beberapa orang sering puas dengan barang inferior, terutama jika mereka senang memasak dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Secara keseluruhan, penelitian ini berimplikasi pada tindakan pemasaran serta strategi untuk mengurangi limbah makanan.
This study aims to cover the first and second stages in the analysis of consumer behavior towards expired food products as a food waste reduction strategy. The point is how consumers perceive spoiled food and how it affects whether they accept it or not. The research method used is two different phases with an open question. Responses to questions were carefully scrutinized to identify ideas and opinions. The pre test consists of a brief survey of 11 different products. This questionnaire was distributed via social media. The results revealed that the participants' opinions of spoiled food varied, with some being disapproved of because they strive for perfection in the food they buy. However, some people are often content with inferior goods, especially if they enjoy cooking and have a concern for the environment. Overall, this research has implications for marketing actions as well as strategies to reduce food waste.